Settia
KONTAK KAMIAds, Jasa Desain Web, Gambar, Job & Placement .

5 Cara Terbaik Menjaga Kadar Gula Tetap Normal

Memang tidak mudah untuk menjaga kadar gula dalam darah supaya sesuai dengan yang disarankan dokter. Pasalnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan kadar gula darah ini secara tiba tiba mengalami perubahan. Lalu adakah cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah normal? Berikut dibawah ini 5 cara terbaik menjaga kadar gula tetap normal diantaranya yaitu : 

Closeup of lady pouring sugar while preparing hot coffee cup

1. Mengkonsumsi Makanan Yang Tepat 

Jika kamu ingin sehat, kamu harus mengkonsumsi makanan sehat baik bagi penderita diabetes ataupun tidak. Tetapi bukan berarti kamu harus menghindari mengkonsumsi karbohidrat ataupun gula ketika ingin mencoba untuk mengembalikan kadar gula darah kembali normal. Hanya saja kamu memerlukan asupan seimbang yang berasal dari protein dan lemak. 

2. Olahraga Secara Teratur 

Tidak bisa dipungkiri jika dengan melakukan olahraga, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan olahraga jangka pendek maka akan dapat membantu sel sel di otot kamu untuk bisa mengambil lebih banyak lagi glukosa yang mengubahnya menjadi energi, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Sedangkan dengan melakukan olahraga jangka panjang maka akan membuat sel sel lebih responsif terhadap insulin dan akan membantu terhindar dari resistensi. 

3. Mengendalikan Stres 

Sebenarnya stres yang berlebihan bisa menyebabkan akan meningkatnya kadar gula darah yang terjadi karena adanya peningkatan pelepasan kortisol atau hormon stres. Terjadinya stres bisa memicu siklus hormonal bagi banyak orang. Akibatnya yang terjadi tidak hanya akan meningkatnya gula darah saja, tetapi cenderung akan membuat keinginan untuk terus makan terlebih makanan yang berasa manis. Adanya sebuah penelitian yang menyatakan jika penghilang stress alami adalah dengan melakukan olahraga, yoga, meditasi, dan menggunakan minyak esensial (seperti lavender, mawar, dan kemenyan. 

4. Istirahat Yang Cukup 

Kesehatan tubuh juga akan terjaga jika kamu beristirahat yang cukup, dan bahkan hal ini merupakan kebiasaan sehat yang dapat mengelola kadar hormon. Adanya sebuah penelitian yang menyatakan jika ritme sirkadian atau penentu jam biologis tubuh alami mengalami gangguan, maka bisa menyebabkan meningkatnya gula darah tinggi dan meningkatkan resiko terjadinya diabetes. Jika kamu terlalu sedikit tidur maka akan menyebabkan buruknya kualitas tidur atau jika tidur pada waktu yang salah juga bisa menyebabkan terganggunya sekresi insulin. Idealnya waktu tidur yang paling baik itu sekitar 7 hingga 9 jam per malamnya. Terlebih lagi jika didukung dengan jadwal tidur dan bangun yang normal. Dengan tidur yang cukup maka akan dapat menyeimbangkan hormone, menghindari stres, dan memiliki energi yang cukup untuk melakukan olahraga ataupun beraktivitas dikeesokan harinya. 

5. Rutin Mengecek Gula Darah

Untuk mengendalikan kadar gula darah juga bisa dengan mengukur dan memantau kadar glukosa darah dengan menggunakan glucose meter. Hal tersebut pastinya dapat mengontrol kadar gula darah. Dengan begitu akan dapat terkontrolnya kadar gula darah pada batas normal, dan juga dapat membantu kamu untuk menentukan apakah nantinya harus melakukan penyesuaian didalam mengkonsumsi makanan ataupun obat obatan. 

Selain itu masih ada cara terbaik lainnya yang dapat membantu menjaga kadar gula tetap normal yaitu dengan mengontrol porsi makan. Dengan mengontrol porsi makan maka akan dapat membantu mengatur asupan kalori didalam tubuh, dan dapat menurunkan berat badan secara tidak langsung. Akibatnya dengan mengontrol berat badan ini maka akan dapat dihasilkannya kadar gula darah yang sehat. 

Share Artikel Ini :
BACA JUGA :  Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit
Scroll Up