Settia
KONTAK KAMIAds, Jasa Desain Web, Gambar, Job & Placement .

6 Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

6 Kebiasaan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi | Kebersihan mulut yang tak terjaga bisa merusak kesehatan gigi dan gusi. Kerusakan gigi dan gusi menyebabkan rasa sakit yang mengganggu, berkurangnya kepercayaan diri, masalah bicara, dan hilang atau copotnya gigi.

Kita dapat mencegah masalah-masalah tersebut dengan perawatan gigi yang tepat, baik di rumah maupun di klinik dokter gigi. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan baik yang dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Menggosok Gigi dengan Benar dan Teratur

Banyak orang sudah tahu menggosok gigi dua kali sehari penting untuk menjaga kesehatan gigi. Namun menggosok gigi secara teratur tidaklah cukup jika cara menggosok gigi kita tidak benar.

Gunakan gerakan melingkar kecil saat menggosok gigi, hindari gerakan bolak-balik seperti menggergaji. Gosok dengan hati-hati bagian depan, belakang, dan atas setiap gigi.

Jangan menggosok gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang keras. Karena bisa merusak enamel gigi dan gusi, yang akibatnya bisa menimbulkan gigi sensitif, kerusakan permanen pada enamel, dan erosi gusi.

Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Ganti sikat gigi dengan yang baru sekitar 3 bulan sekali atau jika sikatnya sudah terlihat rusak.

Pilihlah Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Banyak ahli percaya fluoride mencegah gigi berlubang. Kekurangan fluoride dapat menyebabkan kerusakan gigi. Bahkan ada yang menemukan bahwa menyikat gigi dan flossing tidak mencegah gigi berlubang jika pasta gigi kita tidak mengandung fluoride.

Pasta gigi NASA bisa menjadi pilihan terbaikmu (bisa didapat di situs Produknasa). Selain mengandung fluoride ia juga menggunakan bahan-bahan berkuaitas yang teruji klinis. Diantaranya adalah tetrasodium pirofosfat yang mencegah terbentuknya plak dan sodium bikarbonat yang mengatasi bau mulut tak sedap.

Batasi Makanan dan Minuman Bergula

Mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang. Kurangi makanan dan minuman bergula tinggi seperti permen, kue, dan soft drink. Makanan olahan juga perlu diwaspadai karena banyak yang mengandung gula.

Makanan bertepung seperti keripik, roti, kerupuk, dan pasta juga dapat merusak gigi. Makanan tersebut bisa tersangkut lama di mulut dan terurai menjadi gula sederhana yang menjadi makanan bakteri penghasil asam. Kurangi dan jangan berlebihan mengonsumsinya.

Batasi Konsumsi Minuman Kekinian

Belakangan ini makin marak tren minuman kekinian yang banyak macamnya. Orang mengantri untuk membeli meski harganya cukup mahal. Silakan konsumsi minuman seperti itu tapi jangan pakai gula atau kurangi gulanya.

Jangan Merokok

Merokok bisa merusak sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih sulit untuk memperbaiki sendiri jaringan yang terganggu, termasuk jaringan yang ada di mulut. Merokok juga meningkatkan resiko penyakit gusi, membuat gigi dan lidah menguning, dan menimbulkan bau mulut.

Rutin ke Dokter Gigi

Meski tak mempunyai masalah gigi, disarankan kamu rutin periksa gigi tiap 6 bulan sekali. Gigimu biasanya akan dibersihkan, dihilangkan plak dan karang gigi yang mengeras.

Dokter gigi juga akan memeriksa tanda-tanda gigi berlubang, kanker mulut, penyakit gusi, dan masalah kesehatan mulut lainnya. Jika kamu rajin menjaga kebersihan gigi setiap hari, kamu akan memiliki resiko kesehatan mulut yang rendah.

Share Artikel Ini :
BACA JUGA :  Alat-Alat Yang Dibutuhkan Untuk Sablon Kaos Digital
Scroll Up