Settia
KONTAK KAMIAds, Jasa Desain Web, Gambar, Job & Placement .

7 Macam Peralatan Kasir yang Perlu Kamu Ketahui

7 Macam Peralatan Kasir yang Perlu Kamu Ketahui | Mesin kasir merupakan salah satu perangkat elektronik atau mekanik untuk menghimpun dan menghitung transaksi penjualan yang telah dilengkapi laci untuk menyimpan uang. Dengan adanya peralatan kasir akan lebih memudahkan si petugas untuk melakukan transaksi jual beli. 

Tujuan utama menggunakan alat kasir adalah untuk mendapatkan hasil dalam mengoperasionalkan usaha sehingga kegiatan manual yang memakan waktu akan cepat selesai. Alat kasir memiliki fitur yang canggih sesuai dengan kebutuhan usaha dan sebaiknya pilih alat kasir yang fiturnya sudah dapat menghandle kegiatan manual di toko. Inilah 7 Macam peralatan kasir yang perlu diketahui. Yuk, simak! 

1. Barcode Scanner

Source : pixabay.com

Alat satu ini merupakan salah satu alat yang sering kita temukan di minimarket. Kemampuan alat scan barcode digunakan untuk membaca kode barcode yang berada di kemasan serta dipengaruhi oleh kualitas jarak scan dan cek tinta kode barcode. Saat mencetak kode barcode jangan menggunakan printer dot matrik karena akan menghasilkan titik ketika mencetak sebuah karakter. Gunakanlah printer laser/deskjet/inkjet yang memiliki kualitas tinta terbaik atau lebih baik jika menggunakan printer khusus barcode untuk mencetak kode barcode. 

2. Printer Kasir

Source : indotranding.com

Nah, alat ini merupakan printer mini atau struk yang menggunakan kertas kecil untuk mencetak nota. Ada 2 macam printer struk yaitu, printer struk dot matriks dan struk thermal. Selain itu, printer struk thermal menggunakan kertas yang memiliki permukaan licin seperti saat mencetak struk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, kemudian printer struk dot matriks menggunakan kertas struk biasa. Biasanya printer struk dot matriks akan lebih berisik saat mencetak daripada printer thermal. 

3. Cash Drawer

Source : adesso.com

Cash Drawer biasanya disebut dengan laci untuk menyimpan uang atau tempat menaruh uang di kasir yang sudah memiliki pemisah dan divider berbagai macam uang. Ada beberapa macam cash drawer yang menggunakan bahan plastik, baja, dan besi serta dilengkapi dengan kunci. Jika ingin cash drawer bisa membuka laci secara otomatis, hubungkan kabel cash drawer dengan printer struk yang menggunakan cetak struk di alat kasir. Cash drawer akan terbuka otomatis apabila dilengkapi dengan printer struk untuk mencetak nota. 

4. Printer Barcode

Source : konga.com

Printer ini digunakan untuk mencetak kode barcode agar menghasilkan cetakan yang lebih terbaca dengan barcode scanner. Printer Barcode menggunakan kertas yang memiliki stiker barcode dengan berbagai macam ukuran. Sebelum kamu membeli stiker barcode, tanyakan terlebih dahulu kepada penjual karena biasanya dijual 1 box berisi 10.000 stiker. Cara mencetak atau membuat kode barcode terdapat berbagai macam cara yang digunakan. Beberapa alat kasir dapat mengubah kode barang menjadi kode barcode sehingga pembuatan kode barcode akan lebih cepat dan mudah. 

5. Customer Display

Source :adesso.com

Untuk yang ini berfungsi menampilkan jumlah transaksi apa saja yang diinput oleh kasir dan dilakukan oleh pelanggan. Sehingga pelanggan dapat mengkonfirmasikan atau melihat item total pembelian dan item transaksi. Selain itu, customer display memberikan tampilan secara ringkas saat barang sedang di entry oleh petugas kasir. Beberapa petugas kasir menggunakan customer display untuk menggantikan LCD atau monitor yang ditujukan untuk tampilan kasir. 

6. Sharp XE-A207W

Source : mesinkasirmedan.com

Mesin kasir dari Sharp ini memiliki 2 warna putih dan hitam yang memiliki kualitas bagus serta adanya garansi selama 1 tahun sebanyak 2000 item dan 99 departemen. Kamu dapat memindahkan data penjualan ke PC menggunakan SD card dengan menghemat penggunaan struk. Memiliki kapasitas penyimpanan sebanyak 99 kategorisasi dan 2000 item serta tersedia kunci ganda pada laci sehingga memberikan keamanan. 

7. Kozure Money Counter MC-900

Source : indotranding.com

Yang terakhir ini merupakan salah satu alat sempurna untuk memiliki fungsi memudahkan kamu mengatur kecepatan hitung lembaran uang. Untuk kamu yang memiliki usaha dan sering mengalami kelelahan menghitung setoran uang berlimpah alat penghitung uang ini sangat cocok untuk kamu. Karena memiliki kapasitas besar, kamu dapat menghitung uang dengan sangat cepat. 

Nah, bagaimana setelah membaca ulasan tentang printer kasir di atas, adakah alat mesin kasir yang sudah kamu gunakan, jika belum yuk gunakan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Share Artikel Ini :
BACA JUGA :  Pengertian Apa Itu Buzzer, KOL, Job Review dan Konten Placement
Scroll Up