CONTACTJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

8 Fakta Menarik Drone yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Pernah Dengar Fakta Menarik Soal Drone Berikut Ini?

(Sumber gambar: Shopee)

 Nah, ini dia 8 Fakta Menarik Drone yang Mungkin Kamu Belum Tahu | Sebagian besar dari pada kita tentu sudah tidak asing lagi dengan teknologi kamera Drone. Kamera terbang ini memang sedang ramai dibicarakan banyak orang dalam beberapa waktu belakangan ini. Hal inilah juga yang membuat teknologi Drone terus beresolusi dengan pesat, meski harganya masih terbilang mahal. Tahukah kamu? Ternyata, Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau lebih dikenal dengan nama Drone diciptakan hanya untuk keperluan militer saja. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaan Drone semakin meluas ke konsumen sipil. Menarik, ya! Tidak hanya itu saja, masih ada banyak fakta menarik soal Drone yang belum diketahui secara umum. Penasaran? Yuk, simak sama-sama fakta di bawah ini!

1. Kepentingan Pertanian

Source : https://pixabay.com/

Nggak hanya untuk kepentingan militer saja, Drone juga difungsikan untuk memantau lahan pertanian. Dengan cara ini, petani bisa mengetahui keadaan lahan taninya secara cepat, seperti memantau tanaman yang rusak atau siap panen.

2. Mampu Terbang Selama 30 Menit

Source : https://pixabay.com/

Sebagian besar drone hanya mampu terbang di bawah 30 menit, bahkan ada yang hanya sekitar 7 menit. Untuk itu, kamu harus lebih teliti mempertimbangkan kapasitas baterai yang dimiliki, sebelum membeli sebuah Drone. Sebagai solusinya kamu bisa membeli baterai tambahan sebagai alternatifnya.

3. Diciptakan untuk Kepentingan Militer

Drone pertama kali dijual di pasaran pada tahun 1990-an untuk keperluan militer. Jadi, Drone pada awalnya diciptakan karena militer membutuhkan alat pantau di ruang kecil atau ketika keadaan terlalu berbahaya untuk mengirim pilot.

4. Surat Izin untuk Menerbangkan Drone pada Ketinggian Tertentu

Source : https://pixabay.com/

Karena diciptakan untuk kepentingan militer, beberapa orang percaya bahwa polisi membutuhkan surat perintah untuk menerbangkan drone di ketinggian tertentu. Ternyata, mahkamah Agung AS memutuskan bahwa itu bukan pelanggaran hak untuk menerbangkan Drone pada ketinggian tertentu. Ingat bahwa ini hanya berlaku untuk polisi dan militer, ya. Tetap ada area-area tertentu yang dibatasi.

5. Drone untuk Tujuan Kemanusiaan

Selain untuk keperluan militer dan pertanian, Drone juga digunakan untuk memungkinkan komunikasi di area yang sulit diakses. Teknologi ini juga berguna untuk mengirim makanan dan obat-obatan di zona perang, di mana terlalu berbahaya untuk mengirim helikopter. Ini dikarenakan Drone memiliki ukuran lebih kecil sehingga dapat mengakses lebih banyak area dalam waktu singkat.

6. Drone Harus Terdaftar FAA

Baru-baru ini muncul peraturan di mana pemerintah mewajibkan orang untuk mendaftarkan Drone yang beratnya lebih dari 55 kilogram. Orang yang membeli Drone ini harus mendaftarkannya ke FAA. Mereka akan membayar biaya tambahan untuk pendaftaran. Itu sebabnya, mungkin kamu akan berpikir dua kali sebelum membeli Drone berat karena biayanya cukup mahal, lho!

7. Drone Dapat Memantau Bencana Alam

Tahukah kamu? Pada saat terjadi bencana Typoon Haiyan di Filipina, Drone digunakan untuk membantu relawan mengetahui medan bencana yang ada disekitar kejadian. Alat ini difungsikan untuk Membantu menemukan korban-korban yang hilang atau tertimbun reruntuhan.

8. Liga Balap Drone

Ternyata ada juga Drone Racing League (DRL). DRL diadakan di tempat seperti stadion olahraga dan gudang berukuran besar yang digunakan para pemain Drone untuk salah balap satu sama lainnya.

Ternyata ada banyak fakta menarik seputar dunia Drone, ya! Apakah kamu berencana untuk membeli Drone dalam waktu dekat ini? Jika iya, kami sangat merekomendasikan Drone Syma X5HW.

Ukuran drone quadcopter :

Berat:

Frekuensi control:

Baterai drone :

Waktu pengisian baterai:

Waktu terbang:

Jangkauan:

Kamera:

 

33 x 33 x 11 cm

112 gram

2,4GHz, 4 chanel, 6 axys gyro

3,7V / 500mAh Lipo

sekitar 130 menit

5-7 menit

100 meter

FPV, HD kamera 2MP

 

Drone Syma X5HW memiliki fitur-fitur yang tidak kalah dari merk lain. Syma X5HW sudah dilengkapi dengan fitur FPV. Jadi kamu bisa lihat hasil video real time lewat handphone android. Drone Syma X5HW merupakan penyempurnaan dari drone X5 series sebelumnya. Syma X5HW jenis Drone Hexacopter ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar IDR 700,000.  Itulah sekilas mengenai 8 Fakta Menarik Drone yang Mungkin Kamu Belum Tahu. Semoga bermanfaat.

Share Artikel Ini :
BACA JUGA :  Download Themes Wordpress Free Untuk Blog
Tags:
Scroll Up