Settia
KONTAK KAMIAds, Jasa Desain Web, Gambar, Job & Placement .

Alat-Alat Yang Dibutuhkan Untuk Sablon Kaos Digital

Alat-Alat Yang Dibutuhkan Untuk Sablon Kaos Digital | Demi mempercepat proses produksi sablon kaos digunakalah cara digital. Cara digital sablon kaos adalah cara memproduksi sablon pada kaos yang memanfaatkan alat alat digital. Tentu bagi yang belum pernah menggunakan alat digital akan bertanya-tanya alat apa saja yang biasa digunakan.

 

Apalagi bila menggunakan sablon digital akan mampu menghasilkan sebuah desain kaos yang menarik. Para konsumen juga pasti akan menyukainya terutama karena sablon digital bisa men-sablon secara otomatis pada desain kaos yang rumit sekalipun dengan proses yang cepat.

Alat Sablon Kaos Digital

Nah untuk menghasilkan sablon digital, dibutuhkan beberapa mesin dan alat untuk sablon dengan cara digital. Berikut daftar mesin sablon digital dan peralatan lainya:

1. Mesin Sablon Kaos Digital

Alat pertama yang dibutuhkan adalah mesin sablon kaos digital. Mesin sablon digital berbeda dengan alat sablon kaos manual yang digunakan sebelum hadirnya mesin sablon digital. Ada beberapa jenis mesin sablon digital, yaitu:

  • Pertama, mesin sablon digital dengan tipe mesin yang berguna untuk cutting sticker atau plotter. Mesin cutting sticker atau mesin plotter ini adalah mesin yang akan digunakan untuk untuk memotong stiker. Selain itu, jenis menis yang satu ini bisa pula digunakan untuk memotong bahan lain seperti polyflex, stensil, cutting sticker, polyflock, skotlet, sticker umum, vinyl, sandblast dan masih banyak lagi. Karena kemampuanya yang mengesankan inilah, mesin ini begitu populer di dunia untuk berbagai usaha digital. Pada umumnya, mesin ini digunakan untuk pemotongan stiker motor, nomor punggung jersey sticker mobil, nama pada baju, logo pada seragam, dan sejenisnya.
  • Kedua, Mesin Hot Press atau Heat Press. Jenis mesin sablon digital yang satu ini selalu digunakan pada sistem sablon digital. Mesin pemanas atau hot press memiliki elemen pemanas yang berkualitas, jadi bisa mempermudah keperluan usaha sablon digital. Mesin ini memiliki fungsi untuk mengeringkan hasil cetakan sablon yang dibuat. Hasilnya print kaos lebih merekat kuat.  Fungsi lain mesin ini adalah mentransfer hasil tinta atau media lain pada kaos yang disablon atau disebut dengan istilah transfer paper.
BACA JUGA :  Berikut Tips Penting Saat Hari Raya Idul Fitri

2. Komputer

Alat kedua yang dibutuhkan untuk sablon kaos digital adalah komputer. Komputer merupakan alat pendukung yang diperlukan dalam proses sablon. Fungsi komputer adalah untuk membuat desain sekaligus mengeditnya. Komputer juga berguna sebagai driver, ia yang akan menggerakkan software mesin sablon digital.

3. Printer Inkjet

Berikutnya anda juga butuh Printer inkjet untuk membuat sablon digital. Alat pendukung ini bakal berperan penting untuk cetak hasil desain dari komputer. Jadi setelah desain dibuat dalam komputer, alat inilah yang akan mencetaknya. Printer inkjet juga berfungsi sebagai saat dilakukan transfer paper. Ada pun tinta untuk sablon kaos digital umumnya menggunakan tinta pigment.

4. Printer DTG

Terakhir, anda butuh printer DTG (Direct to Garment). Printer DTG adalah printer yang akan anda gunakan untuk membuat sablon ke bahan kaos dengan system printing. Cara kerja mesin ini sama dengan cara kerja printer kertas, hanya media yang di printing adalah kaosMesin sablon DTG digunakan untuk kaos yang menggunakan bahan kain cotton combite. Sampai dengan saat ini, mesin printer DTG adalah yang paling populer digunakan untuk usaha sablon kaos digital. Hal ini tidak lain karena mesin memiliki cara kerja yang efisien dan mudah digunakan dengan cost produksi yang cukup minim.

Share Artikel Ini :
Scroll Up