CONTACTJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website Dari CMS WordPress

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website Dari CMS WordPress | Membuat website dari CMS seperti wordPress tentu berbeda dengan membuat blog dari flatform blogger atau  flatform tumblr. Karena untuk membuat blog yang dibutuhkan adalah sedikit pengetahuan kemudian kita bisa langsung membuat sebuah blog tanpa ada embel-embel lainnya seperti domain dan hosting. Toh, jika kita menginginkan domain pada sebuah blog maka cukup melakukan order domain kemudian melakukan setting DNS tanpa harus membeli hosting. Tentu hal ini berbeda dengan membuat website dari CMS WordPress. Lebih lengkapnya saya akan ulas satu-persatu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website dari CMS WordPress.

1. Domain

Bagaimana Cara Membeli Domain Di Qwords.com

Untuk membuat website dari WordPress yang dibutuhkan pertama adalah domain. Domain ini nantinya akan menjadi identitas atau alamat dari website yang akan kita buat, semisal website saya ini dengan alamat albarnation.com.

Dengan kata lain bahwa, Domain berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu situs web serta mempermudah mengingat alamat situs web yang akan diakses.

BACA JUGA :  Bagaimana Cara Membeli Domain Di Qwords.com

2. Hosting

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website Dari CMS WordPress

 

Berbeda dengan membuat blog semisal dari flatform blogger/blogspot. Kita bisa membuat blog secara cuma-cuma tanpa harus order domain. Toh, jika butuh domain kita hanya order domain saja tanpa harus order hosting karena hosting sudah disediakan oleh pihak blogger atau google. Tentu tidak berlaku dengan membuat website dari CMS WordPress, kita wajib membeli domain dan hosting untuk mempublikasi website kita secara publik.

Lalu sebenarnya apa fungsi dari hosting tersebut. 

Tempat menyimpan data, itulah fungsi utama dari hosting. Hosting atau sering juga disebut dengan WebHosting merupakan suatu infrastruktur yang digunakan untuk menyimpan data dari website atau aplikasi sehingga bisa diakses menggunakan Internet. Singkatnya jika Smartpohone teman-teman membutuhkan kartu memori untuk menyimpan data seperti gambar, file, dan lainnya. Nah, fungsi hosting mempunyai peran yang sama seperti kartu memori yang digunakan pada smartphone.

Hostingan sendiri mempunyai kapasitas yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan suatu website atau aplikasi. Misalnya Hostingan digunakan oleh website universitas untuk menyimpan data para mahasiswa, atau bisa juga menyimpan informasi seperti gambar, artikel, file dokumen dan lainnya di database yang ada pada hostingan.

Namun sebenarnya fungsi hosting tidak sebatas itu. Lebih dari itu, banyak fituryang bisa kita dapatkan dengan adanya hosting. Simpelnya beberapa fitur yang bisa kita dapatkan dari hosting adalah seperti berikut ini :

  • Bisa membuat domain dengan nama domain sendiri semisal : contact@albarnation.com.
  • Bisa membuat sub domain, misal website utama ini adalah albarnation.com maka saya bisa membuat website dengan tampilan yang berbeda dengan subdomain seperti :
    • wisata.albarnation.com
    • catatan.albarnation.com
  • dan banyak fitur lainnya yang bisa didapatkan di hosting.

3. Basic dan Semangat

Sedikit basic skill, jika anda sebelumnya pernah menggunakan blogger maka tidak terlalu sulit dalam mempelajari fitur-fitur CMS WordPress.  Belajarlah sedikit extra jika terdapat kendala dalam proses membuat website dari CMS wordpress, googling saja untuk mendapatkan jawaban atau langsung tanya di group-group wordpress juga kembangkan kreatifitas karena CMS pada dasarnya adalah bagaimana kita mampu berexplorasi sesuai dengan kehendak kita.

Share Artikel Ini :
Scroll Up