Kontak Saya Content Placement | Job Review | Jasa Design Web

Batam Itu Di Mana Sih ?

Beberapa orang yang saya kenal di luar kota batam sering bertanya ” Batam Itu Di Mana Sih ? ” pada umumnya mereka tau nama batam. Tapi hanya sekedar tahu nama saja, dan tahu sedikit keunikan tentang Batam, semisal di batam terkenal dengan olshopnya, atau di batam terkenal dengan barang-barang black marketnya, selain itu beberapa orang mengenal batam sebagai tempat membeli berbagai barang-barang electronik.

Akan tetapi secara geografis mereka tidak mengenal batam dengan pasti. Seringnya orang-orang luar Batam mengatakan Batam itu di Riau bukan Kepulauan Riau. Padahal Riau dan Kepulauan Riau berbeda provinsi, jika menilik kebelakang Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau sesuai Undang-undang Nomor 25 tahun 2002.

Letak Batam

Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang bersebelahan dengan Singapore dan juga dekat dengan Malaysia, jika anda bertolak dari Batam maka cukup 1,5 jam saja untuk sampai di Singapore. Dengan kata lain Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis juga berada di jalur pelayaran internasional. Batam sendiri adalah salah satu dua Kota di Provinsi Kepulauan Riau selain Kota Tanjung Pinang.

Secara geografis, Batam dan seluruh wilayahnya dikelilingi Selat Singapura dan Selat Malaka. Wilayah Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh sebuah jembatan, yakni Jembatan Barelang.

Kota Batam memiliki luas wilayah daratan seluas 715 km², sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 1.575 km². Kota Batam beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26 sampai 34 derajat celsius. Kota ini memiliki dataran yang berbukit dan berlembah. Tanahnya berupa tanah merah yang kurang subur dan cuaca yang sering berubah sehingga untuk dijadikan lahan pertanian hanya tanaman yang dapat tumbuh tanpa mengikuti musim.

Batam bersebelahan dengan Selat Singapore dan Singapore dibagian Utara, sementara di sebelah selatan terdapat Kabupaten lingga, selanjutnya di barat bersebelahan dengan Kabupaten Karimun dan di Sebelah Timur bersebelahan dengan Tanjung Pinang dan Bintan.

Sedikit Sejarah Kota Batam

Menurut Wikipedia. Tentang Sejarah Kota Batam, bahwa Kota Batam dihuni pertama kali oleh orang melayu dengan sebutan orang selat sejak tahun 231 Masehi. Pulau yang pernah menjadi medan perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam melawan penjajah ini digunakan oleh pemerintah pada dekade 1960-an sebagai basis logistik minyak bumi di Pulau Sambu. Pada dekade 1970-an, dengan tujuan awal menjadikan Batam sebagai Singapura-nya Indonesia, maka sesuai Keputusan Presiden nomor 41 tahun 1973, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri dengan didukung oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan Batam. Kini menjadi Badan Pengusahaan (BP Batam).Seiring pesatnya perkembangan Pulau Batam, pada dekade 1980-an, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983, wilayah Kecamatan Batam yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Riau, ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam yang memiliki tugas dalam menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung pembangunan yang dilakukan Otorita Batam (BP Batam). Di era reformasi pada akhir dekade tahun 1990-an, dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, maka Kotamadya administratif Batam berubah statusnya menjadi daerah otonomi, yaitu Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan dengan mengikutsertakan Badan Otorita Batam (BP Batam).

Ada Apa Di Batam ?

Batam adalah salah satu Kota Metropolitan, jika di tanya batam ada apa ya, maka jawabannya banyak sekali, dimulai dari Wisata Shoopingnya terdapat banyak Mall seperti Mega Mall, Kepri Mall, Nagoya Hill. Ada juga Wisata Alam seperti Pantai Vio-Vio, pantai cakang, pantai Melayu dan wisata Hutan Mata Kucing dan Danu Tiban. Wisata Religinya ada Kamp Vietnam, selain itu ada juga Wisata Wahana yang bisa anda nikmati yaitu Coastarina, belum lagi wisata Kulinernya, batam terkenal dengan Sea Footnya, anda kenal Gong-gong itu adalah makanan Khas Ala Batam dan Kepri.

Batam Kota Industri

Ya, Batam adalah Kota Industri. Jika anda Batam maka anda akan melihat  banyak PT dan Perusahaan-Perusahaan besar di Batam yang  berskala Nasional maupun Internasional. Banyak kawasan Industri di Batam seperti Kawasan Batamindo Invesment Cakrawala, Batu Ampar Industrial Park, Batu Merah Industrial Complex dan lain sebagainya.

Itulah sekilas tentang Batam. Nah, jika anda ditanya Batam Itu Di Mana Sih ? maka jawablah seperti yang tertera pada tulisan diatas.

Komentar Lewat Facebook

Komentar

Scroll Up