CONTACTJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Cara Cerdas Menggunakan Kartu KreditKartu kredit adalah salah satu pioner dalam pembayaran non tunai selain kartu debit. Bahkan hingga saat ini masih tetap digunakan untuk melakukan pembayaran dalam dunia digital.

Apalagi bisa dicicil atau dibayar di kemudian hari. Dengan begitu masyarakat bisa mencicipi kemudahan saat belanja menggunakan kartu.

Memang sih, tidak semua bisa memiliki kartu satu ini. Pasalnya ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon pengguna untuk menghindari kredit macet.

Nah, supaya tidak terjadi kredit macet, ada beberapa tips aman menggunakan kartu kredit. Selain untuk melindungi penggunaan yang berlebihan juga melindungi dari pencurian data maupun penggunaan tidak wajar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pahami manfaat dan keuntungannya

Kartu kredit punya keunggulan dibandingkan dengan pembelanjaan atau pembayaran tunai di beberapa merchant tertentu yang sudah bekerja sama dengan penerbit.

Setiap kartu punya promo tertentu sehingga tidak mungkin digunakan di semua tempat untuk mendapatkan benefit yang sama.

Itulah mengapa sebelum mengajukan kartu, kamu juga perlu memahami apa saja benefit yang bisa diberikan oleh pihak penerbit.

Dengan begitu kamu bisa menggunakannya untuk penggunaan secara spesifik saja agar tidak sembarangan digunakan di semua merchant tanpa mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan.

Penting juga untuk membatasi kepemilikan kartu. Biasanya jika sudah memiliki satu kartu, selalu saja ada telemarketing yang menawarkan kemudahan untuk memiliki kartu tambahan.

Pertimbangkan lagi dengan bijaksana, batasi kepemilikan kartu untuk kebutuhan paling dasar saja misalnya hanya untuk mendapatkan diskon saat makan.

Batasi penggunaan kartu

Sebelum tagihan membengkak, baiknya sesuaikan limit kartu dengan kemampuan finansial. Jangan sampai menggunakan kartu di luar kemampuan keuangan. Karena pada prinsipnya kartu kredit bukanlah tambahan uang melainkan sebagai salah satu alat pembayaran.

Upayakan untuk menggunakan kartu secara bijaksana. Misalnya dengan menggunakannya tanpa melebihi limit yang sudah ditentukan.

Sebagai contoh, jika limit kartu sebesar Rp5 juta sebaiknya tidak menggunakan seluruhnya dari limit yang ada. Pergunakan saja 30-50 persen dari limit yang diberikan. Cara ini sebagai bentuk komitmen dan kedisiplinan dalam menggunakan kartu agar tidak melampaui limit.

Pastikan juga membayar tagihan kartu sebelum jatuh tempo. Hindari juga kebiasaan membayar minimum payment. Kebiasaan seperti inilah yang menyebabkan kamu terkena denda.

BACA JUGA :  Cara Memasang Tombol Sosial Media Share Di Blog

Biasakan untuk selalu membayar lunas tagihan apapun alasannya. Jadi, sebelum menggunakan kartu, sebaiknya dipikirkan juga apakah bisa membayar tagihannya langsung atau tidak.

Kartu Kredit Online

Selain kartu konvensional, kini semakin dimudahkan dengan adanya kredit online seperti Kredivo. Tentu saja berbeda dengan kartu biasa, namun dengan benefit yang sama. Proses pengajuan kredit online melalui Kredivo jauh lebih cepat dan lebih mudah.

Selain itu, Kredivo tidak membebani dengan biaya tahunan ataupun down payment saat hendak mengambil cicilan. Enaknya lagi, Kredivo bisa digunakan di lebih dari 200 merchant online di Indonesia. Jadi, bisa buat penggunaan untuk memenuhi kebutuhan harian juga menyokong bisnis online.

Layanan Kredivo sekarang pun sudah bertambah dengan hadirnya fitur Pinjaman Tunai. Dalam Pinjaman Tunai, terdapat Pinjaman Mini dan Pinjaman Jumbo. Jadi, pinjaman tunai online bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk pinjaman mini bisa mulai dari Rp 500 ribu dengan tenor 30 hari dan bunga rendah 2,95%-4% per bulan.

Sedangkan pinjaman jumbo punya tenor lebih panjang yaitu 3 dan 6 bulan. Jumlah pinjamannya pun bisa lebih besar mulai dari Rp 1 juta dengan bunga lebih ringan 2,95% per bulan.

Fasilitas itu bisa digunakan bagi member yang sudah terdaftar dengan akun cicilan. Namun sebaiknya layanan pinjaman online itu hanya digunakan untuk kebutuhan darurat saja ya.

Kalau untuk kebutuhan lainnya seperti membeli gadget secara kredit, kamu tetap bisa memanfaatkan cicilan tanpa kartu lewat Kredivo dengan tenor mulai dari 30 hari, hingga 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Bunganya hanya 2,95% saja, paling rendah jika dibandingkan dengan perusahaan finansial non-bank lainnya.

Transaksi online menggunakan Kredivo juga dijamin aman. Karena setiap pengguna akan mendapatkan OTP ketika melakukan konfirmasi pembelian secara online yang hanya didapatkan melalui smartphone penggunanya.

Tidak usah khawatir juga tentang legalitas Kredivo yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua data member dijamin aman dan terenkripsi dengan baik sehingga terlindungi dari pencurian data. Yuk, daftar aja sekarang lewat Kredivo.

Share Artikel Ini :
Scroll Up