CONTACTJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Cara Merubah URL WP Admin WordPress

Cara Merubah URL WP Admin WordPress | Banyak cara dalam proteksi website wordPress salah satunya adalah dengan merubah URL (Unifrom Resource Locator) wp-admin. Wp-admin sendiri adalah URL defaul untuk login kedalam dasbor situs wordPress.

Cara Merubah URL WP Admin WordPress

Pertanyaannya adalah, kenapa perlu merubah URL wp-admin. Karena kita ketahui bersama bahwa salah satu celah keamanan terbesar yang dimiliki oleh WordPress adalah tempat user untuk melakukan login, yakni http://www.namadomain.com/wp-admin/

Folder tersebut cukup umum diketahui oleh para hacker sebagai tempat masuk ke bagian back-end dari WordPress kita, yakni yang umum kita kenal dengan sebutan Dashboard.

tentu bagi kita yang awam, salah satu cara atau trik untuk mengetahui apakah suatu website dibuat dengan menggunakan WordPress atau tidak adalah dengan menambahkan /wp-admin/ ini setelah nama domain dari website yang kita kunjungi.  Jika ternyata terbuka halaman login WordPress, ya tentu cukup jelas bahwa website tersebut dibuat dengan menggunakan WordPress.  Sebaliknya, jika ternyata error (Page Not Found), mungkin website tersebut bukan dibuat dengan menggunakan WordPress. Untuk lebih menyulitkan hacker agar tidak mudah untuk bisa login ke dashboard WordPress kita, tentu kita harus mengubah/menyembunyikan folder login wp-admin ini.

Merubah URL WP-Admin Menggunakan Plugin.

Cara termudah bagi pengguna wordpress untuk merubah URL wordpress adalah dengan bantuan plugin, karena dengan adanya plugin kita dibantu dengan mudah tanpa harus masuk kedalam script wordpress untuk merubah URL wp-admin, cukup dengan  beberapa klik kita sudah mendapatkan URL wp-admin baru yang sesuai dengan keinginan.

Untuk merubah url wp-admin anda bisa menggunakan plugin protect wp-admin. Anda bisa mengdownloadnya pada tombol dibawah ini.

BACA JUGA :  Website Terkenal Yang Dibangun Menggunakan CMS WordPress

Protect Your WP-Admin

Panduan Pengunaan Plugin

  • Setelah di download silahkan opload pada wordPress anda.
  • Lakukan Instalasi plugin dan aktifkan.
  • kemudian lihat pada PENGATURAN kemudian pilih PROTECT WP-ADMIN
  • Pada tab GENERAL masukkan url baru yang anda inginkan (contoh albarnation.com, atau anda bisa merubah dengan nama “masuk”, “login” dll), kemudian cheklist enable, lihat gambar.

  • Selain merubah url anda bisa juga merubah logo dan warna latar login wordPress. Caranya Klik LOGIN PAGE STYLE kemudian masukkan url logo anda, dan rubah warna latar di BACKGROUND COLOR sesuai dengan selera anda.

  • Selesai.

Itulah tutorial singkat cara merubah URL WP Admin wordpress, semoga bermanfaat untuk memproteksi wordPress anda.

Share Artikel Ini :
Scroll Up