Kontak Saya Content Placement | Job Review | Jasa Design Web

Cara Tes Blog Kita Sudah Mobile Friendly atau Belum ?

Cara Tes Blog Kita Sudah Mobile Friendly atau Belum ? | Punya website atau blog ?, sepertinya era ini pekembangan website atau blog tak hanya di ranah flatform deskop saja namun sudah merambah di flatform mobile. Bahkan datanya bahwa  jumlah pengguna internet yang mengakses web lewat perangkat mobile (smartphone dan tablet) melebihi pengguna yang mengakses internet dari desktop atau notebook.

Sebanyak 51,3 persen dari total kunjungan situs web bulan lalu datang dari perangkat mobile, sementara total kunjungan dari komputer tradisional hanya tercatat sebanyak 48,7 persen. Hal ini berdasarkan data yang dirilis oleh StatCounter pada tahun 2016, tentu di tahun 2017 ini data tersebut lebih jauh diatas deskop.

Tentu bagi anda yang mempunyai atau pengelola website/ blog data diatas tak bisa dianggap remeh. Kenapa, karena keberlangsungan sebuah website tergantung dari pelayanan website tersebut terhadap user yang melakukan akses. Mungkin anda sendiri mempunyai pengalaman searching yang menemukan sebuah web yang sangat sulit diakses, belum lagi ditambah dengan banyaknya pernah pernik. Pertanyaanya, apa yang anda lakukan dengan website tersebut. Sudah pasti anda akan langsung pergi tanpa harus menunggu lama, kecuali website tersebut adalah arternatif satu-satunya yang memberikan apa yang kita maukan, bayangkan jika banyak website yang menggulas yang serupa dan bisa membuat nyamana yang mengakses maka sudah pasti website seperti tadi akan segera di tingalkan tanpa harus mengihitung menit.

Kenapa Website/Blog Harus Mobile Friendly ?

Seperti yang telah saya jelaskan diatas itu salah satunya. Lainnya adalah sebegai berikut :

1. Penggunaan Perangkat Mobile sedang Meningkat

Alasan pertama mengapa Anda harus memiliki website yang mobile-friendly adalah penggunaan piranti mobile saat ini sedang meningkat. Ya, popularitas piranti mobile sedang tinggi-tingginya pada saat ini. Di Amerika Serikat saja, 58% warga dewasanya memiliki smartphone. Angka ini bisa jadi lebih tinggi di Indonesia. Coba lihat di sekitar Anda, hampir semua orang sudah menggunakan smartphone, bukan? Nah, orang-orang ini adalah pangsa potensial website mobile-friendly Anda, dan kami mengerti bahwa Anda tidak akan menyiakannya begitu saja.

2. Tren Belanja Online sedang Berlangsung

Belanja secara online saat ini sedang nge-tren karena lebih praktis. Anda tinggal membuka website-nya, memilih barang yang diinginkan, melakukan pembayaran, kemudian barang akan dikirimkan ke rumah. Menurut statistik yang dilansir PewInternet.org, 80% pelanggan menggunakan smartphone untuk berbelanja secara online. Ketika mereka berbelanja ke toko di hari libur, 70% pelanggan tetap menggunakan perangkat mobile – biasanya hanya sekedar untuk mencari informasi. Jika Anda memiliki website yang mobile-friendly, bisa jadi website Andalah yang akan menjadi tujuan mereka.

3. Media Sosial Menjaring Pengunjung Mobile

Ke mana pengunjung akun media sosial Anda akan diarahkan? Anda harus mengarahkan pengunjung ke media sosial Anda ke website yang sudah mobile-friendly. Saat ini, 55% konsumsi penggunaan media sosial terjadi pada perangkat mobile. Apabila mereka mengakses tautan website yang Anda bagikan melalui smartphone, mereka akan dihitung sebagai pengunjung mobile. Jangan sia-siakan kesempatan ini karena mereka bisa saja langsung keluar dari website Anda hanya karena desain website Anda belum mobile-friendly.

  5 Hotel Terbaik di Tanjung Pinang Menurut TripAdvisor

4. Website Mobile-Friendly Turut Menaikkan Peringkat di Mesin Pencari

Trafik yang masuk ke website mobile-friendly dapat menaikkan peringkat performa website Anda di mesin pencari. Bagaimana bisa? Jika website Anda hanya memiliki satu URL saja, pengunjung yang masuk melalui smartphone akan tetap dihitung berkunjung ke website Anda. Selain itu, website mobile-friendly akan membuat Anda up-to-date dengan algoritma Google terbaru, sehingga website Anda dapat tampil lebih baik di mesin pencari.

5. Tampil di Perangkat Mobile & Desktop dengan Baik

Terima kasih kepada desain responsif yang dimiliki oleh website mobile-friendly. Dengannya, website Anda dapat ditampilkan secara sempurna di segala perangkat, mobile maupun desktop. Tampilan apik akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung website Anda. Kalau mereka, pengunjung website Anda, di tahun 2015 masih perlu scroll ke segala arah untuk melihat informasi di website Anda, itu artinya Anda ketinggalan jaman.

6. Lebih Mudah Mengurus Satu Website

Menggunakan website mobile-friendly artinya Anda hanya perlu mengurus satu website. Ya, satu website untuk semua karena memang dapat ditampilkan dengan baik pada perangkat apapun. Hal ini tentu berbeda dengan website mobile. Seperti yang diketahui, website mobile terpisah dari website versi desktop, dan Anda perlu memperbarui keduanya apabila ada yang perlu ditambahkan. Lebih merepotkan, bukan? Untuk mempermudah, Anda perlu membuat website mobile-friendly.

7. Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Website mobile-friendly menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, pengunjung tidak perlu zoom in, zoom out, maupun geser ke kanan dan ke kiri hanya untuk mendapatkan informasi di website mobile-friendly Anda. Sebagai hasilnya, pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan konversi pada website dan mengurangi angka rasio pentalan (bounce rate).
8. Smartphone Digunakan dalam Aktivitas Apapun

Hal ini berkaitan dengan tren smartphone yang meningkat tajam dalam beberapa waktu belakangan. Apapun aktivitasnya, saat ini orang-orang memiliki kecenderungan lebih besar untuk menggunakan smartphone. Ketika sedang nongkrong bersama teman, misalnya. Pasti ada waktu ketika kumpulan itu terdiam dan asik dengan smartphone masing-masing. Bahkan, kami dengar, 75% orang Amerika menggunakan smartphone ketika berada di (maaf) kamar mandi. Mengapa tidak memanfaatkan hal ini untuk bisnis Anda? Bisa jadi mereka malah mengakses website mobile-friendly Anda, dan bukan yang lain.

Bagaimana Cara Tesnya ?

Silahkan menuju pada link yang telah saya sediakan dibawah ini.

https://testmysite.thinkwithgoogle.com/

Untuk panduan anda bisa membacanya dari webmaster tools.

https://developers.google.com/webmasters/mobile-sites/?hl=id

Sekian artikel tentang Cara Tes Blog Kita Sudah Mobile Friendly atau Belum ?. Yah, era ini kita diharuskan mengikuti perkembangan salah satunya adalah dunia webs yang mengikuti trend smartphone. Semoga bermanfaat.

Komentar Lewat Facebook

comments

Scroll Up