Settia
KONTAK KAMIAds, Jasa Desain Web, Gambar, Job & Placement .

Era 4.0 Bisnis Online Wajib Punya Website, Kenapa ?

Era 4.0 Apapun Produknya Wajib Punya Website, Kenapa ?  | Setiap perusahaan maupun  individu yang mempunyai usaha besar maupun skala kecil wajib mengikuti arus digital yaitu bersentuhan dengan dunia internet. Kemudian kita bertanya, kenapa. ? jawabannya adalah kita masuk di era dimana digital sangat dibutuhkan, dan disana peluang begitu besar menunggu bagi yang mempunyai usaha.

Ya,kita telah beralih dari era 3.0 kemudian masuk di era Revolusi 4.0 (four point zero) dimana era 4.0 ini ditandai teknologi berkembang demikian pesat sehingga banyak terciptanya inovasi-inovasi serta flatrom baru didunia digital dan ini terjadi tak hanya di Indonesia tapi mencangkup secara global.

Pertanyaanya adalah, kenapa meski membuat website, bukankah sosial media saja sudah lebih dari cukup buat sekedar berbisnis online, ada instagram yang ok banget, ada facebook dimana tersedia marketplace ada Whatsapp yang bisa share story and apple to apple ke penjual. Terus kenapa harus buat website lagi, tulisan ini akan membahas pertanyaan itu

Tak Cukup Dengan Sosial Media Saja.

Dalam dunia usaha jangan pernah merasa cukup, harus melihat segala bentuk peluang, bukan begitu, ? tentu saja. Sampai disini tentu kita semua sepakat. Karena sepakat pada dasarnya adalah konsep musyawarah yang paling diatas.

Nah, setelah kita sepakat mari kita bedah. Begini, kita ambil satu contoh sosial media anggap saja Instagram selaku sosial media yang paling flexsibel untuk jualan alias bisnis online. Nah, kita bisa memposting produk yang kita jual secara berkala di instagram kita, termasuk share story tentunya. Pertanyaan mendasarnya adalah seberapa besar peluang kita di Instagram ?.  Jawaban optimis tentu besar, namun seberapa maksimal Instagram tersebut mampu memberikan peluang terjual, tentu terkesan sempit. Pertama, pembeli berdasarkan followers, meski ada juga yang tidak ngefolow membeli namun promosi harus gencar segencar-gencarnya di sosial media lain. Kedua, pembeli tidak mau ribet, tak jarang pembeli malas scroll malas klik sana sini, kita harus paham tentang market Orientation. Dalam hal ini kita harus menempatkan pembeli/pelanggan sebagai inti dari bisnis, inti dari semua aktivitas yang dilakukan  berfokus pada pembeli dan bagaimana pembeli harus merasa senang dan mudah dalam mendapatkan sesuatu. Di sini pembeli sungguh menjadi raja. Ketiga, pembeli orangnya berputar dikisaran followers saja, kecuali kita berlanganan ADS Instagram dan promo lainnya.

Bisnis Online, Kenapa Harus  Punya Website ?

Diatas adalah sedikit mengenai terbatasnya sosial media namun bagaimana dengan Website apakah mampu memberikan dukungan yang lebih terhadap bisnis online kita. Jawabannya, tentu saja. Berikut beberapa keuntungan mempunyai website .

1. Kontrol Penuh Terhadap Konten

Berbeda dengan Instagram yang kita bahas diatas. Kita akan terpaku pada layout yang sudah disediakan, konten anda harus outstanding agar viral dan masuk di explore (jangan lupakan algoritma yang sering berubah), dan tidak bisa menggunakan payment gateway.

BACA JUGA :  Cara Setting Menu Header Footer Di Wordpress

Dengan adanya website sendiri, anda bisa memasang banner diskon besar di homepage, memasang form langganan untuk menunjang penjualan serta bisa diterapkan payment gateway agar customer mudah membayar layanan anda.

2. Website Mampu Menjangkau Lebih Banyak Orang

Sosial media bisa di optimasi, namun website jauh lebih baik dari segi optimasi, website yang baik akan mampu menjangkau orang dari belahan dunia manapun untuk mengakses website kita. Karena website bisa dioptimasi pada mesin pencarian (SEO) dan mempu menduduki teratas pada suatu wilayah (skala kecil regional tempat anda) pun secara besar (Indonesia, Global).

3. Website Mampu Menghadirkan Fitur Apa Saja

Alamat, contact semuanya bisa disediakan di website, walaupun disosial bisa namun tak selengkap diwebsite yang bisa di costume sedemikian rupa lengkap dengan mapsnya. Selain itu website mampu memberikan fitur apa saja yang diinginkan seperti chat, order, dan sebagainya. Dengan adanya website produk yang dijual mampu tersusun rapi lengkap dengan gambar dan deskripsinya beserta kategori yang sesuai dengan produk sehingga mudah dicari, bisa order dan transfer langsung tanpa harus ada kita yang selalu online (payment gateway).

4. Website Sebagai Brand

Sebuah website bisa menjadi brand yang terkemuka bagi suatu usaha, semisal awalnya anda hanya membuka usaha melalui sosial media kini anda bisa menjadikan website anda sebagai brand utama layaknya marketplace di negeri ini yang websitenya sebagai brand utama. Begitu juga bagi perusahaan website profile company mampu memberikan informasi seputar perusahaan ada.

5. Sosial Media hanya Partner.

Berpromosi di Sosial media tetap kita lakukan karena itu wajib. Nah, dengan adanya website sosial media kita seperti Instagram, Facebook dan lain sebagainya sebagai pelengkap dari website kita tanpa menghilangkan nilai promosi dari sosial media tersebut.

Buat Website Butuh Apa Saja Ya…?

Setelah kita membahas tentang  pentingnya website sekarang kita membahas kalau mau buat website butuh apa saja. Berikut kita ulas satu persatu.

1. Domain

Domain itu apa ?, domain itu alamat/nama website yang akan kita buat misal nama website/domain yang sedang anda kunjungi ini albarnation.com

2. Hosting

Hosting itu apa ?, simpelnya hosting itu tempat penyimpanan. Penyimpanan apa, banyak penyimpanan script/code website, gambar, file, text, video dan sebagainya.

3. SSL

SSL itu apa?, simpelnya ssl itu salah satu fitur keamanan. Sehingga informasi yang terdapat dalam website akan aman dari pencurian orang lain terlebih website yang anda gunakan adalah website yang menggunakan payment gateway.

BACA JUGA :  Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website Dari CMS Wordpress

Beli Domain, Hosting, SSL di Hanya Hosting Indonesia.

Lanjut kepembahasan selanjutnya, setelah tau fungsi website dan tau apa saja komponen website sekarang kalau mau beli domain, hosting dan ssl saya sarankan di hostingnya Indonesia alias Qwords saja. Kenapa ?

Kerena saya pelanggan tetap Qwords.com. Sedikit cerita awalnya saya tidak mengenal Qwords, bahkan domain blog ini bukan di qwords kemudian saya mengenal Qwords(entah dari mana lupa juga) kemudian saya mencoba untuk menggunakan hosting dari Qwords (awalnya blog saya  ini menggunakan blogspot). Ahasil dari awal menggunakan hosting sampai sekarang masih tetap menggunakan Qwords.

tentu namanya pelanggan tetap bukan cuman satu cuman digunakan. Di akun saya terdapat tiga layanan dan empat domain. Sebenarnya domain banyak cuman tidak diurus oleh orang yang minta buat jadi tersisa hanya empat domain saja hahaha. Itu sedikit cerita sebagai pelanggan.

Lain cerita soal kenapa saya sarankan di Qwords. Pertama, saya suka layanan tiket supportnya. Bagus banget, bahkan sesuatu yang agak melenceng dari support seharusnya tetap dikerjakan dan itu 24 jam. Kedua, harga bersahabat. Ketiga, kualitas ok punya. itu saja. sampai sekarang belum ada saya benci-bencinya sama hosting ini. Alhamdulillah bagus, pun begitu harapan kedepannya tetap bagus.

Kuy

Setiap usaha/bisnis pada dasarnya harus ada progress baik itu jangka pendek dan jangka panjang. Mari berpikir jauh bisnis seperti apa yang kita ingin kembangkan. Owh nanti usaha saya akan seperti ini, nanti saya akan melakukan seperti itu. Berpikir tak perlu neko-neko kesana dan kesini, cukup apa yang harus kita kembangkan dengan usaha yang ada ditangan saat ini. Maka jika memang belum memiliki website segara progresskan website seperti apa yang cocok untuk usaha anda. Entah itu sekedar portofolio semata, atau sampai website online yang menjual segala produk anda itu semua ada ditangan anda sesuai dengan kebutuhan. Namun mencoba tak ada salahnya bukan ?, ya memang tak ada salahnya, yang salah jika kita tidak mencoba. Ah, namanya bisnis online ya harus punya website yang online kan ?

Tuhan tidak mengharuskan kita sukses, Tuhan hanya mengharapkan kita mencoba. – Mario Teguh

“Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal” – Claude T. Bissell

“Risk more than other think is safe. Care more than other think is wise. Dream more than other think is practical. Expect more than other think is possible” – Claude T. Bissell

Share Artikel Ini :
Scroll Up