Kontak Saya Content Placement | Job Review | Jasa Design Web

Facebook dan Instagram Mana Yang Lebih Baik Untuk Olshop ?

Sosial media tak sebatas hanya sebagai media untuk interaksi antar sesama manusia untuk saling berkomunikasi saja, akan tetapi juga bisa digunakan untuk menjual berbagai keperluan maupun jasa yang akrabnya kita sebut sebagai Online Shop (Olshop). Ada dua media sosial yang kerap digunakan sebagai media Olshop yaitu facebook dan instagram, diantara keduanya bisa dikatakan adalah media sosial yang tepat untuk digunakan sebagai online shop, kemudian kita bertanya Facebook dan Instagram Mana Yang Lebih Baik Untuk Olshop.

Data

Jika di kaji dari banyaknya pengguna. Facebook dan Instagam memiliki jumlah pengguna yang tidak sedikit, meski Instagram jauh tertinggal tapi bukan berarti Instagram tidak masuk daftar bursa Olshop. Diketahui bahwa facebook dengan jumlah pengguna Sosial Media terbanyak saat ini, Indonesia telah masuk 10 besar jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia. Indonesia bertengger di peringkat tujuh, mengatasi Australia, Spanyol, dan Kolombia di peringkat 10.

Diketahui Indonesia merupakan negara dengan jumlah Facebook terbesar kedua setelah Turki di Benua Asia, yakni sebesar 5.949.740 pengguna. Sementara Turki, yang menduduki peringkat keempat di dunia, memiliki 10.926.180 pengguna per Selasa, 16 Juni 2009 pukul 17.00 WIB. Perlu diketahui, saat ini pengguna Facebook di dunia telah mencapai 219.286.560 pengguna. Amerika Serikat masih memimpin di posisi teratas dengan 66,7 juta penggemar, jauh meninggalkan Inggris di posisi kedua dengan 17,6 juta pengguna.

Lalu bagaimana dengan Instagram (IG red), Berdasarkan data terakhir hingga saat ini Instagram telah menjangkau 400 juta pengguna aktif secara global. Dari 100 juta pengguna yang terakhir bergabung di Instagram, lebih dari setengahnya tinggal di Asia dan Eropa. Dari angka tersebut, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Instagram terbanyak. Dikutip dari Beritagar, walau tidak disebutkan jumlahnya, Indonesia merupakan negara pengguna Instagram terbanyak setelah Jepang dan Brasil. “Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak dengan 89 persen Instagrammers yang berusia 18-34 tahun mengakses IG setidaknya seminggu sekali,”.

Analisa

Mari membaca dan sedikit menganalisa dari dua sosial media ini untuk menentukan kira kira Facebook dan Instagram Mana Yang Lebih Baik Untuk Olshop ?

  New COC FHX APK Download

Dari segi pengguna Facebook tentu lebih banyak dari pada Instagram, akan tetapi dari segi efektifitas facebook tidak se-efektif Instagram. Untuk menjawab hal ini saya akan bandingkan sebagai seseorang yang tidak tau Olshop dan hanya pengguna sosial media Facebook saja. Maka, saat ada promosi atau link baik itu bergambar atau tanpa gambar, maka saya lebih suka mengabaikan hal tersebut, dan terkadang menganggap seperti sampah/ spamer saja di beranda saya.

Tentunya hal ini berbeda untuk Instagram, jika saya membuka instagram dan ada iklan lewat meski saya mengabaikan maka akan terlihat lebih jelas gambar tersebut karena Instagram adalah sosial media Kanvas dimana foto dan video adalah menu utama hadirnya Instagram ini. Terlebih jika sebuah foto dibuat menarik maka kemungkinan untuk melihat gambar iklan/ atau barang tersebut lebih besar.

Facebook dan Instagram Mana Yang Lebih Baik Untuk Olshop ?

Kembali bertanya, diantara kedua Sosial Media ini mana yang lebih baik untuk Online Shop, jika saya ditanya maka saya akan memilih untuk menjawab Instagram, selain alasan pada analisa tadi, yang mengatakan bahwa facebook terkesan orang-orang menganggap spam, dan Ig juga begitu akan tetapi sedikit lebih terlihat baik di mata pengguna, saya punya alasan lain kenapa menjawab IG (Instagram) karena, jika saya menjadi pengguna yang sedang mencari barang online (anggaplah sepatu) maka saya cenderung untuk menggunakan instagram. Dengan alasan : Pertama, saya lebih mudah dalam melihat barang yang akan saya cari, karena pada umumnya IG adalah gambar yang diperlihatkan. Kedua, tidak ribet, berbeda dengan Facebook, baik itu fanspage atau pertemanan, umumnya mencari dulu letak gambar, klik sana sini baru ketemu apa yang kita cari, itupun harus buka tutup gambar, artinya klik dulu untuk melihat yang lebih besar. Berbeda dengan Instagram, bisa membuka gambar dengan scroll kebawah dengan ukuran gambar seutuhnya, atau membuka secara banyak untuk melihat gambar barang yang menarik.

Fakta : Coba anda search Facebook Olshop di Google Gambar, maka yang tampil adalah ulasan dan tips. Tapi coba anda search Instagram Olshop maka yang banyak keluar adalah gambar orang jualan baju, celana, sepatu dll.

Jadi, buatlah sebuah Online Shop di Instagram baru merambah ke Facebook, itu lebih baik.

Komentar Lewat Facebook

Komentar

Scroll Up