Settia
KONTAK KAMIJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Faktor-faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Sewa Bus Pariwisata?

Faktor-faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Sewa Bus Pariwisata? Bus pariwisata menjadi media transportasi yang banyak dipakai oleh berbagai kalangan, baik itu perusahaan, sekolah, kampus, sampai komunitas pun menggunakannya untuk mengantarkannya ke tempat tujuan. Lokasinya yang cukup jauh tentu membuat orang lebih berpikir menggunakan bus dibandingkan mobil pribadi karena lebih praktis.

Namun, pemilihan tempat penyewaan terkadang menjadi hambatan tersendiri bagi Anda yang sedang mencari jasa sewa bus pariwisata. Kenapa begitu? Tentu saja alasannya karena harganya yang terkadang mahal ada pula yang terkadang mahal. Memang, apa sih yang menyebabkan harga penyewaan bus berbeda-beda?

1. Tanggal keberangkatan

Source : Pixabay.com

Tanggal keberangkatan sangat berkaitan dengan harga sewa yang akan Anda bayarkan nantinya. Mahal atau murahnya biaya yang akan Anda dapatkan tergantung dari tanggal berapa Anda berangkat. Biasanya, hari biasa, yakni senin sampai kamis, biaya yang dikenakan tidak akan mahal. Namun, kalau sudah memasuki weekends, jumat sampai minggu, apalagi hari libur nasional atau tanggal merah lainnya, harganya tentu akan lebih mahal.

Kenapa ada perbedaan harga di weekdays dan weekends? Itu karena jumlah permintaan jasa sewa bus pariwisata akan lebih meningkat di akhir pekan atau tanggal merah lainnya dibandingkan hari biasa. Penggunanya pasti lebih memilih akhir pekan atau tanggal merah untuk berkunjung ke lokasi wisata. Tidak heran semua harga akan semakin naik saat tanggal merah.

BACA JUGA :  Batam Itu Unik, Kenapa Tidak Ke Batam Aja ?

2. Tujuan dan jarak tempuh

Source : Pixabay.com

Selain tanggal keberangkatan, faktor tujuan juga menjadi hal yang mempengaruhi harga penyewaannya. Kalau jaraknya masih dekat, harganya tentu masih terbilang murah. Tapi kalau jaraknya semakin jauh, apalagi di luar kota, biaya yang dikeluarkan juga akan semakin banyak. Perbandingan harga tersebut tentu sudah sangat wajar, kalau tidak jasa sewa bus pariwisata akan merugi.

Perbandingan jarak tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh bensin yang dibutuhkan oleh bus. Semakin jauh tentu akan menjadi lebih mahal karena bensin yang dibutuhkan tentu tidak sedikit, apalagi biaya bensin untuk bus berbeda dengan mobil pribadi karena kapasitas yang dibutuhkan sangat banyak.

3. Jenis bus yang dipakai

Source : Pixabay.com

Untuk masalah yang satu ini mungkin Anda sudah paham, karena harga sewa bus pariwisata juga dipengaruhi jenis bus apa yang Anda pakai. Kalau Anda menggunakan bus kelas ekonomi, harga yang didapat tentu lebih murah dibandingkan kelas bisnis dan eksekutif. Hal tersebut jelas terlihat dari fasilitas yang disediakannya.

Selain itu, tipe yang medium atau besar juga faktor utama yang mempengaruhinya. Kalau Anda membutuhkan tipe medium, harga yang dibayarkan tentu tidak akan mahal. Jadi, pastikan Anda menentukan jumlah kursi yang tepat sesuai dengan jumlah rombongan yang ingin menggunakan bus pariwisata.

BACA JUGA :  Plugin Sosial Media Share Wordpress

Jangan sampai Anda salah menghitungnya, baik itu terlalu kurang maupun lebih. Kalau jumlah peserta Anda 29, gunakan saja kapasitas 31 atau 33 kursi. Hindari penggunaan kursi yang terlalu berlebihan karena akan membuang-buang uang Anda saja.

4. Usia bus

Source : Pixabay.com

Mungkin untuk yang satu ini masih belum banyak yang tahu kalau usia bus bisa saja mempengaruhi harga bus. Penghitungannya adalah semakin lama usia bus tersebut, maka akan semakin murah harganya. Jadi, kalau Anda menggunakan bus dengan tipe terbaru, tidak heran Anda harus membayar mahal karena memang masih tergolong baru. Usia baru berkisar sampai pemakaian kurang dari 5 tahun.

Faktor-faktor di atas tentu terkadang membuat orang ragu memilih sewa bus pariwisata. Namun, dengan adanya fasilitas dari Trac Astra yang bisa Anda manfaatkan untuk menyewa bus, Anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan tentu saja praktis. Anda yang ingin memesannya bisa melalui trac.astra.co.id yang dapat dilakukan secara online.

Anda bisa memilih sendiri berapa lama Anda ingin menyewanya, kapan keberangkatannya, sampai lokasi penjemputannya. Harganya pun tidak akan membuat kantung liburan Anda bolong karena biayanya sudah termasuk supir dan bensin. Anda hanya duduk manis saja, Anda pun sudah sampai di tujuan dengan nyaman, aman, dan tanpa lelah.

Share Artikel Ini :
Scroll Up