Settia
KONTAK KAMIJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Inilah Pengertian Data Center dan Layanan yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Pengertian Data Center dan Layanan yang Wajib Anda Ketahui | Berbicara mengenai perusahaan baik itu perusahaan kecil atau besar tentu tidak bisa dilepaskan dari data center bukan? Lantas apa sih pengertian dari data center tersebut dan mengapa keberadaannya sangat penting untuk perusahaan? Jika anda ingin mengetahui lebih dalam apa itu data center atau pusat data, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini. 

Computer technology isometric icon, server room, digital device set, element for design, pc laptop, mobile phone with smartwatch, cloud storage, flat vector illustration

Pengertian data center

Bagi anda yang tidak bergelut dalam dunia IT mungkin masing masing dengan istilah yang satu ini bukan? Data center sendiri merupakan sebuah ruangan yang sudah ditata sedemikian rupa dimana digunakan untuk menempatkan server computer yang saling terhubung melalui jaringan internet.  Dalam bahasa Indonesia sendiri, istilah yang satu ini dikenal dengan pusat data. 

Ruangan yang digunakan untuk menempatkan data center tersebut juga harus memenuhi persyaratan dimana syarat utamanya adalah aman dan stabil dari berbagai macam gangguan baik itu fisik ataupun secara virtual sehingga  pusat data tersebut akan mudah untuk digunakan oleh masyarakat. Agar data center bisa bekerja dengan baik, maka tidak boleh sembarangan orang bisa melakukan instalasi data center. 

Tak hanya berfungsi untuk menghubungkan jaringan computer saja, data center tersebut juga bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan. 

Jenis-jenis layanan dari data center 

BACA JUGA :  [Pengalaman] Dari Mana Saja Penghasilan Seorang Blogger

Adapun beberapa jenis layanan data center yang bisa anda dapatkan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini. 

1. Disaster recovery services

Jasa pusat data sendiri juga memiliki layanan berupa penyiapan solusi untuk menghadapi gangguan aktivitas dari operasional IT perusahaan seperti agar terhindar dari banjir, terror bom, demo kerusuhan, longsor dan bencana alam lainnya. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti penempatan perangkat IT dari perusahaan, ruang yang digunakan untuk penyimpanan atau backup data dimana mampu diakses kapanpun bahkan kantor sementara yang sudah disediakan oleh jasa penyedia data center yang ada di Indonesia. 

2. Co-location data center

Perusahaan jasa aplikasi online hingga content provider. Dengan adanya layanan ini maka anda bisa melakukan penghematan pada modal dan biaya operasional. 

Colocation yang ada di Indonesia juga semakin memiliki kebutuhan yang banyak. Itulah yang menyebabkan banyaknya data center yang berusaha untuk memperluas gedung data center. 

3. Jasa Manage Services

Adapun layanan lainnya yang bisa didapatkan dari data center yakni sebagai jasa manage services. Mereka akan memberikan layanan yang meliputi manajemen perangkat jaringan, load balance, monitor jaringan, penyimpanan cadangan yang terjadwal hingga keamanan server dan jaringan. 

Kendati sebuah perusahaan biasanya sudah memiliki tim IT tetapi bekerja sama dari TIM IT yang berasal dari data center tentu akan lebih menguntungkan terutama untuk membuat sistem informasi lebih kuat. 

4. Dedicated Server

Masih ada lagi layanan yang diberikan oleh data center yakni dedicated server dimana mereka akan menjamin untuk memberikan layanan hosting yang tidak dicampur degan pelanggan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan ruang akses, keamanan, kecepatan hingga kestabilan tetap terjaga. 

Bagi anda yang memiliki perusahaan menengah sangat cocok untuk menggunakan layanan dedicated server ini karena anda tidak perlu membeli server ataupun menyediakan tim IT. 

Demikian pengertian data center yang wajib untuk anda ketahui. Apabila anda hendak melakukan instalasi data center ini, maka anda bisa mengandalkan provider terpercaya dan professional dari https://www.nexdatacenter.com/id.

Share Artikel Ini :
Scroll Up