Settia
KONTAK KAMIAds, Jasa Desain Web, Gambar, Job & Placement .

Kapan Saat Harus Mengganti Oli Mesin Kendaraan

Memiliki kendaraan bermotor tentu saja membuat Anda harus rajin melakukan perawatan. Perawatan secara rutin dan berkala pada bagian-bagian kendaraan akan membantu mempertahankan kendaraan Anda lebih lama. Selain itu perawatan ini juga pastinya akan berpengaruh pada kekuatan dan performa kendaraan saat digunakan untuk berlari. Kalau Anda pemilik kendaraan bermotor pasti sudah sering melakukan penggantian oli mesin kendaraan Anda bukan? Ya, oli merupakan bagian dari kendaraan yang bisa dibilang perawatannya paling sering. Ada jangka waktu tertentu yang menjadi tanda bahwa Anda harus segera mengganti oli pada mesin kendaraan Anda.

Indikator Saat Oli Mesin Harus Diganti

Melakukan penggantian oli secara berkala menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Oli yang sudah terpakai di dan kendaraan bermotor akan menurunkan kualitas oli dan sudah pasti menurunkan kinerjanya dalam melindungi kendaraan Anda. Jika tidak diganti tidak hanya akan membuat kendaraan Anda tidak bisa berjalan dengan kencang dan lancar seperti seharusnya, bahkan juga bisa mari sewaktu-waktu.  Karena itu, Anda harus tahu keadaan atau ciri-ciri oli di dalam kendaraan bermotor yang sudah harus diganti. Ada beberapa indikator atau ciri-ciri yang menandakan Anda harus segera mengganti oli mesin kendaraan Anda.

1. Suara Mesin Jadi Terdengar Sangat Kasar

Hal pertama yang bisa menjadi acuan dan pengingat ketika Anda harus mengganti oli kendaraan Anda bisa didengar dari suaranya. Oli kendaraan yang masih dalam keadaan baik, ketika pertama kali dihidupkan akan menghasilkan suara yang lembut seperti kendaraan baru. Namun berbeda jika kualitas oli mesin kendaraan Anda sudah berkurang, maka suara yang dihasilkan bahkan ketika kendaraan baru dihidupkan adalah suara yang terdengar sangat kasar. Suara kasar saat mesin kendaraan dihidupkan ini berasal dari bagian gear transmisi yang tidak dilumasi dengan baik oleh oli sehingga membuat mesin mengeluarkan bunyi kasar saat digas atau dioper transmisinya.

2. Mesin Jadi Lebih Panas

Oli  sendiri memiliki fungsi yang sangat signifikan bagi mesin kendaraan. Salah satu fungsinya adalah untuk mendinginkan mesin kendaraan bahkan ketika mesin diajak untuk bekerja keras dan berjalan dengan jarak yang jauh. Nah jika kualitas oli mengalami penurunan, maka yang terjadi adalah suhu pada bagian tertentu mesin jadi meningkat sehingga akan terasa lebih panas. Anda bahkan bisa merasakannya dari luar. Ini disebabkan karenaoli sudah tidak lagi memiliki daya hantar maksimal seperti sebelumnya. Karena itu, jika Anda merasa suhu mesin kendaraan Anda sudah mulai naik dan menjadi panas secara tidak normal, itu tandanya Anda harus segera menggantinya.

3. Warnanya Berubah Menjadi Sangat Hitam dan Teksturnya Encer

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah oli mesin kendaraan Anda sudah harus diganti atau belum adalah dengan melihat warna dan teksturnya. Oli yang masih baru dan belum digunakan, warnanya adalah biru atau terkadang cokelat, tergantung jenis dan mereknya. Namun ketika sudah digunakan, oli akan berubah warna karena sudah terkontaminasi kerak mesin yang dibersihkannya ataupun karena proses pembakaran mesin untuk menghasilkan energi. Karena itu, ketika oli sudah berubah warna menjadi hitam pekat dengan tekstur encer, itu tandanya Anda harus segera menggantinya.

Sebagai salah satu bagian kendaraan bermotor yang memiliki peran dan fungsi yang sangat penting, oli mesin harus mendapatkan perawatan dengan cara menggantinya secara berkala. Cara di atas bisa menjadi cara mengetahui saat Anda harus mengganti oli kendaraan Anda. Ketika mengganti pun pastikan Anda memilih Oli berkualitas di mobil.co.id. Disini oli Mobil akan mengembalikan kualitas dan performa kendaraan bermotor Anda.

Share Artikel Ini :
BACA JUGA :  Alat-Alat Yang Dibutuhkan Untuk Sablon Kaos Digital
Scroll Up