Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Lupakan Membeli Rumah Ketika Sewa Rumah Lebih Baik Saat Hadapi Situasi Ini

Lupakan Membeli Rumah Ketika Sewa Rumah Lebih Baik Saat Hadapi Situasi Ini | Pernahkah kamu mendengar perkataan yang menyebutkan bahwa membeli rumah lebih baik dari pada sewa rumah dengan alasan harga rumah yang semakin meningkat setiap tahunnnya. Membeli rumah sering kali digunakan untuk mengukur standar kemapanan seseoran dan sewa rumah dianggap membuang – buang uang dengan alasan biaya sewa rumah hampir sama dengan biaya cicilan rumah. Sebenarnya hal ini tergantung dari kemampuanmu, karena kemampuan ekonomi setiap orang itu berbeda – beda. Seingga keputusan untuk membeli rumah ini bergantung pada kondisi finansial masing – masing.

Lupakan Membeli Rumah Ketika Sewa Rumah Lebih Baik Saat Hadapi Situasi Ini

Dibalik pendapat membeli rumah dijual di Bogor lebih dari pada sewa rumah, tahukah kamu bila ada kondisi dimana sewa rumah akan menjadi solusi yang paling baik. Dan kondisi ini pun tidak selamanya dipengaruhi oleh kondisi finansial saja. Situasi apa sajakah itu? simak dan pahami informasi berikut.

Banyak pertimbangan untuk beli rumah

Kamu tentu tau betul apa saja yang harus kamu pertimbangkan ketika membeli rumah. Mulai dari lokasi, akses jalan dan transportasi, proses jual beli, proses balik nama, pelunasan KPR, dan pertimbangan lainnya. Hal tersebut memakan biaya dan waktu yang cukup banyak. Terebih lagi ketika kamu memutuskan untuk tinggal di rumah tersebut seumur hidup. Tentu banyak hal yang harus kamu pikirkan dengan matang. Karena kamu tidak bisa begitu saja menjual rumah saat proses KPR yang kamu jalani membuat kamu gerah. Meskipun hal ini memungkinkan sekalipun, tidak akan mudah menjual rumah dengan kondisi seperti itu.

Kewajiban Semakin Bertambah

Tahukah kamu selain biaya untuk membeli rumah masih ada biaya lain yang harus kamu keluarkan. Biaya seperti PBB, biaya notaries, asuransi properti, pajak penjualan dan pembelian hingga biaya cicilan KPR masih harus kamu penuhi. Namun jika kamu memilih untuk sewa rumah maka kamu hanya perlu mengeluarkan baiya sewa rumah saja tanpa biaya – biaya tambahan lainnya.

Penghasilan Tidak Stabil

Jika kamu bekerja sebagai freelancer atau baru saja merintis usaha dan bisnis kecil – kecilan, sewa rumah memang lebih baik dari pada membeli rumah. Pada awal pembayaran cicilan KPR memang akan terasa cukup ringan karena bungan yang dibebankan masih Flat, namun ktika bunga sudah dalam taham Floating nilai cicilan akan mulai terasa memberatkan bila kamu masih memiliki kondisi finansial yang tidak stabil. Jika kamu dalam kondisi seperti ini sebaiknya fokus saja terlebih dahulu puntuk mengumpulkan dana darurat.

Belum Siap Menetap

Membeli rumah berarti kamu sudah memutuskan untuk tinggal di suatu tempat tanpa berpindah selama bertahun – tahun paling tidak selama 7 tahun. Hal ini tentunya tidak cocok dengan karaktermu yang masih senang untuk berpindah – pindah tempat atau yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk selalu berpindah tempat tinggal.

Harus Tinggal Di Pusat Kota

Jika kamu masih dalam tahap diwajibkan untuk tinggal di tempat yang dekat dengan bekerja atau kamu yang tidak betah terjebak macet untuk menuju pusat kota. Tentunya membeli rumah bukanlah hal yang harus kamu realisasikan saat ini. Sewa rumah atau membeli unit apartemen merupakan solusi yang sangat tepat untukmu.

Tidak Suka Merawat Rumah

Merawat rumah seperti membersihkan rumah, memperbaiki kebocoran, retak hingga lapuk. Memang hal yang harus kamu lakukan ketika sudah memiliki rumah sendiri. Dan semua itu tidak memakan biaya yang sedikit. Bila kamu menghadapi situasi sepert ini sebaiknya pilihlah untuk sewa rumah terlebih dahulu, karena biasanya biaya perbaikan dan perawatan rumah masih ditanggung oleh pemilik rumah.

Kesempatan Investasi Lebih Besar

Apakan kamu masih bisa melakukan investasi setelah membeli rumah? Bila jawabanmu adalah tidak, maka lupakan niatmu untuk membeli rumah. Lebih baik kamu memilih untuk sewa rumah yang lebih baik. Kamu harus tetap menyisihkan uang untuk berinvestasi.

Tidak Bisa Menabung

Ketika kamu membeli rumah dengan program KPR, setiap bulannya kamu harus mengeluarkan sejuamlah uang. Apakah kamu masih bisa menabung setelah penghasilanmu dikurangi biaya cicilan membeli rumah ? jika jawabanmu masih tidak. Maka sebaiknya jangan dulu memutuskan untuk memiliki rumah. Menabung untuk dana darurat lebih penting dibandingkan membeli rumah tapi tidak bisa mengumpulan uang untuk dana darurat.

Bagaimana? apakah kamu dalam situasi seperti itu ? jika Ya, maka solusi terbaiknya kamu harus tetap sewa rumah. Karena ketika sewa rumah lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah, maka pilihan yang pantas memang sewa rumah. Hal ini dilakukan demi finansial yang sehat. Tidak perlu terburu buru mengambil keputusan untuk membeli rumah ketika hal tersebut bukan menjadi kebutuhan utama mu. Fokus saja terlebih dahulu dengan apa yang kamu prioritaskan saat ini, sambil terus menabung untuk membeli rumah suatu saat nanti.

Bagikan Artikel Ini !

Scroll Up