Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ?

Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ? | Blog era ini bukan sebuah nama yang langka, hampir semua orang tau, dari hari ke hari timbul pula para blogger baru dengan berbagai alasannya kenapa ngeblog. Ada yang yang mengatakan sekedar hobi menulis dan akhirnya membuat blog, ada pula yang sekedar mengisi waktu luang akhirnya ngeblog, ada pula yang sekedar iseng dan ada juga yang menciptakan blog sebagai sebuah mesin yang bisa menghasilkan uang. So, apapun alasannya itu adalah hak setiap individu.

Akan tetapi disadari bahwa ngeblog bukanlah sekedar ngeblog saja (bingung). Ngeblog juga butuh sebuah plan (rencana), juga pertimbangan (bagi saya pribadi). Rasanya sayang jika kita hanya sekedar menuliskan cerita dalam sebuah blog tanpa berpikir panjang tentang blog tersebut. Anggaplah saja hobi, akan tetapi coba banyangkan dari hobi tersebut kita bisa terkenal, disukai banyak pembaca, selain itu dari hobi tersebut bisa juga menghasilkan tentu nilai plus untuk sebuah hobi. Ingat kata Ridwan Kamil “pekerjaan paling enak adalah hobi yang dibayar bukan”. Begitulah kira-kira pertimbangan saya dalam ngeblog. Kita punya hobi yang sudah tersalurkan, akan tetapi kenapa hobi tersebut hanya sebatas hobi saja tidak dikembangkan lebih jauh. Padahal ngeblog bisa membuat kita lebih berexpresi.

Dari itulah saya coba membuat artikel ini, sebuah panduan, juga sebagai artikel hipnotis bagi anda. Jangan sekedar hanya ngbelog dan ngeblog saja, hobi dan hobi saja alangkah baiknya ngeblog yang hanya hobi itu dikembangkan menjadi sebuah hal yang lebih menarik semisal pendapatan dan sebagainya.  Berikut panduan ngeblog untuk anda jika anda mau Ngeblog dan bingung apa yang harus dilakukan ?

1. Tentukan Niche/ Genre Blog Anda

Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ?

sebelum anda menciptakan blog, hal yang mendasar adalah menentukan niche. Niche adalah kata lain dari “tema” atau “genre” layaknya musik yang punya genre seprti pop, dangdut, rock dan lainnya. Maka blog juga punya genre, seperti traveling, opini, edukasi, teknologi, news, portal atau gado-gado juga boleh (mau bahasa apa saja boleh dalam sebuah blog, baik itu berita terkini, tentang teknologi, traveling, edukasi dan semacamnya.

Tentukan genre blog yang akan anda buat nantikan, setelah itu barulah menciptakan blog, adapun dari penentuan sebuah niche ini bertujuan sebagai titik fokus anda dan arah tujuan yang akan anda lakukan setelah menciptakan sebuah blog.

2. Ciptakan Sebuah Blog

Sesuai pertanyaan, bagaimana menghasilkan uang dari blog, maka yang harus dilakukan adalah menciptakan sebuah blog. Banyak flatform yang bisa anda gunakan untuk menciptakan sebuah blog baik itu yang gratisan maupun yang premium, yang gratisan umum digunakan adalah Blogger.com, wordpress.com, sementara yang premium umum digunakan adalah wordpress.org (WP Self Hosting) dan jomla selain itu ada juga drupal dan beberapa cms lainnya. Selain flatform tersebut ada juga flatform lain seperti mywapblog dan wapka. Anda bisa membuat blog lewat flatfom-flatform tersebut, pertimbangannya adalah ” tentukan sesuai dengan kebutuhan anda”.

1.1 Pemilihan Niche Bergantung Bagaimana Pemilihan Menjadi Publisher

Sedikit berbicara tentang periklanan (lebih lanjut baca point 8), pemilihan niche juga bergantung arah blog juga arah periklanan yang akan tayang.

Semisal anda memilih niche tentang kesehatan, edukasi, internet (konten yang bersifat baik) maka anda bisa mendaftarkan sebagai publisher Adsense, atau MediaNet. Tentu berbeda jika anda membuat konten bajakan sebagai contoh, MP3, Film, Software maka anda tidak bisa mendaftar di Google Adsense melainkan anda bisa mendaftar menjadi publisher POP UP dan iklan lain.

2.1 Pemilihan Flatfom

Pemilihan flatform adalah salah satu hal yang mendasar, jika anda ngeblog dengan konten edukasi, teknologi,lainnya (konten bersifat bersih) maka flatform blogger.com dan wordpress.com adalah pilihan yang tepat, anda juga bisa menggunakan wordpress.org jika anda punya bajat untu membeli domain dan hosting.

Akan tetapi jika anda mau membuat konten bersifat non bersih sebagai contoh togel, opload MP3, film dan software maka flatform yang dipilih adalah wapka dan anda bisa memilih flatform cms, seperti wordpress.org, jomla, drupal.

3. Isi Blog Anda (Content)

Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ?

Setelah menciptakan blog, isilah blog anda dengan konten-konten yang sesuai dengan topic (niche/genre) blog anda. Usahakan jangan kopas (copy paste), buatlah sebuah artikel yang kira-kira besar manfaat bagi orang lain, dan pikirkan juga bobot dari artikel tersebut. Karena dengan menciptakan artikel yang berkualitas maka anda akan dipandang oleh orang lain selain itu juga mesin pencarian juga menyukai artikel yang berkualitas dan original.

Isilah konten di blog anda 1-3 artikel perhari, jika mampu. Jika tidak, usahakan dalam satu minggu terdapat 1 atau 3 artikel. Akan tetapi jangan pula membuat artikel terlalu banyak sampai 10-20 per hari. Hal ini akan sulit bagi anda untuk membuatnya. Usahakan artikel tetap ada tapi dilakukan secara continue dengan kualitas konten yang memadai. Jangan sampai anda membuat sebuah postingan dengan alasan membuat konten blog supaya terlihat banyak. Tentu saja hal ini salah, kualitas artikel jauh lebih penting dari pada sekedar mengisi konten blog.

Blogger tentu berbeda dengan situs portal yang memberikan informasi secara berkala dengan informasi terkini, (kecuali memang anda ingin membuat situs yang seperti ini). Dengan membuat artikel yang berkualitas, tentu hal yang ingin di kejar adalah visitor bukan ?, usahakan bagaimana membuat visitor anda langsung menyukai blog anda sejak pertama kali masuk. Anda ingin para visitor dapat mengingat blog anda. Anda ingin mereka berkunjung kembali – memberikan komentar – mau men-share – menjadi loyal visitor – menjadi cutomer. Itulah yang harus di perhatikan dalam membuat konten ini.

4. Rombaklah Tampilan Blog Anda

Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ?

Memang yang menjadi patokan utama dalam sebuah blog adalah konten. Banyak yang mengatakan “konten is king” konten adalah raja, sekilas memang benar, tanpa konten apalah arti sebuah blog, akan tetapi pembenahan sebuah blog juga wajib dilakukan, terlebih era ini adalah era mobile maka diperlukan sebuah tampilan blog yang Responsive atau AMP. Tentunya tampilan yang begini mampu mendukung kinerja sebuah blog bagaimana visitor betah sesuai dengan harapan mereka ketika mengakses blog kita.

Selain itu membuat blog dengan tampilan yang sedikit di rombak ada ciri khas kita, juga membuat enak dipandang oleh mata ketika user membuka blog yang kita kelola. Buat artikel yang menarik, tampilan juga yang menarik agar orang-orang menganggap blog kita adalah blog profesional. Tentu ini adalah nilai plus di mata user yang membukanya.

4.1. Jangan Banyak Widgets

Satu tips dari saya, jika anda menambahkan widget jangan sampai menambah widget yang tidak diperlukan, sebagai contoh widget counter asal visitor yang datang, dan widget banyak menggunakan animasi.

5. Secara Beransur Pelajarilah Teknik SEO

Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimazation yaitu sebuah cara bagaimana blog/ artikel yang kita buat mampu menduduki peringkat atas di mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo dan sebagainya.

Secara umum teknik SEO terbagi menjadi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah teknik SEO yang digunakan dalam Optimalisasi seputar konten, yaitu bagaimana cara riset keyword, tatacara penulisan juga pengoptimalan gambar. Sementara SEO Of Page adalah sebuah teknik SEO bagaimana melakukan optimalisasi konten yang diluar penulisan seperti menamam backlink, ping, submit di webmaster dan sebagainya.

Adapun ending dari belajar SEO ini adalah “bagaimana blog yang kita kelola mampu menghasilkan visitor dengan banyak”. Tentu visitor bagi seorang blogger adalah ladang emas, banyak keuntungan dari melambungnya visitor, salah satunya adalah mampu menghasilkan incomming.

6. Gabung Ke Forum ?

Banyak perkembangan baru dalam blog, maka yang diperlukan adalah belajar dan wadah, salah satu wadahnya adalah forum, dengan sering menyimak di forum-forum yang berkompeten bisa menambah nilai edukasi tentang blog itu sendiri. Salah satu forum yang saya rekomendasikan adalah ads.id dan forum-forum facebook.

7. Konsisten

Setiap hari selalu ada blogger baru, akan tetapi sedikit sekali blogger yang berhasil, salah satunya adalah cepat menyerah. Dalam arti kata tidak konsisten dan maunya serba instan. Anda tau, tak ada yang instan di dunia ini termasuk masak mie instan saya butuh proses meski namanya mie instan.

Dalam ngeblog dibutuhkan konsisten dan continue dalam segala hal, tetap berpegang pada pendirian, dan jangan cepat merasa puas juga terus belajar, itulah yang dibutuhkan. Saya rasa dalam segala aspek hal-hal ini juga dibutuhkan tak hanya dalam ngeblog saja.

8. Blog Sudah Berkembang, Coba Daftar ADS

Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ?

Ads. Ya, cobalah menjadi publisher salah satu periklanan tentunya dengan mendaftar menjadi publisher kita bisa mendapatkan incomming dari blog kita. Jadi anda tak hanya menjadi blogger yang memberikan nilai edukasi kepada orang lain, atau sebatas hobi saja, cobalah mengambil kesempatan di sela-sela itu. Tak ada salahnya bukan ?, terlebih jika blog anda sudah banyak pengunjung. Wow, pastinya menarik.

Banyak program ads yang bisa membayar anda, seperti Google Adsense (milik google), MediaNet (milik yahoo) atau sebagai publisher indonesia juga boleh, ada IdBlogNetwork.

Nah, banyak blogger sekarang yang hanya mengandalkan Google Adsense saja. Kita ketahui bahwa lumayan sulit untuk menjadi publisher Google Adsense, setelah tidak diterima di google adsense kebanyakan dari para blogger langsung down dan hilang harapan, beranggapan bahwa mereka tidak berhasil dalam ngeblog. Padahal banyak cara lain ibarat pepatah “banyak jalan menuju roma” begitu juga dalam ads blog ini, Google Adsense hanyalah salah satu media ads yang menawarkan program kepada anda untuk menjadi publisher dan dibayar, Padahal masih banyak yang lain, malah beberapa blogger yang saya kenal lebih besar pendapatannya dengan program ads yang lain tersebut dari pada Google Adsense. Renungkahlah.

Tips : Jangan buru-buru daftar Ads sementara blog anda masih belia dan tidak ada visitor. Percuma

Itulah beberapa tips dari saya tentang Mau Ngeblog Apa Yang Harus Dilakukan ?, sementara waktu ini saja yang bisa saya berikan, di lain waktu akan saya update. Salam bloger.

Bagikan Artikel Ini !

  • khairul sani kun

    awak kenak pas pendaftarn ads,,, walau sudah berjalan apa yang ada dalam point namun kebanyakan yang lain saya masih meraba,,,,,,,

    • Kalau masih meraba coba buka mata mas sani

  • suka yang gado gado saja 🙂

Scroll Up