Kontak Saya Content Placement | Job Review | Jasa Design Web

Membangun Website Dari CMS WP Bagian 3. #Hosting

Membangun Website Dari CMS WP Bagian 3. #Memilih Hosting | Sebelumnya kita telah membahas tentang memilih nama domain, namun untuk membangun sebuah website dari CMS WordPress tak hanya sekedar domain saja, tapi ada yang lebih penting yaitu hosting.

Apa itu Hosting ?. Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.

Jadi kesimpulan dari hosting adalah tempat kita menyimpan seperti script situs kita (sebagai contoh nanti tempat kita menginstall CMS WordPress), tempat kita menyimpan gambar yang kita opload di situs, tulisan/text dan berbagai hal yang kita opload di dalam website nantinya.

Berapa Kapasitas yang di Perlukan Untuk Membuat Website dari WordPress.

Sebenarnya untuk membuat website dari WordPress cukup hanya memakan space 500 MB saya. Itu sudah cukup untuk instalasi CMS WordPress dengan thema bawaan wordpress yang simpel seperti Twenty Sexteen.

Namun, kita kembali lagi ketujuan awal kita membuat website, jika sebuah website hanya di peruntukkan untuk profile company yang hanya mengulas tentang perusahaan maka dan berbentuk simpel maka 1-2 GB sudah cukup.

Namun, jika anda membuat sebuah website dinamis seperti website portal maka space harus besar, begitu juga website statis yang berisi banyak program maka space juga harus besar.

Lalu bagaimana jika peruntukan untuk blog seperti saya ini. Saya pribadi menggunakan space sebesar 15GB. Namun sebenarnya anda bisa mengira sendiri seberapa besar space yang dibutuhkan untuk website anda.

Baca Juga : Penyedia Hosting Terpercaya Indonesia

Apa Saja Fasilitas Yang Kita Dapatkan di Hosting

Apakah dengan membeli hosting kita hanya mendapatkan fasilitas sebatas tempat penyimpanan saja. Tidak, dengan memiliki hosting kita dapat beberapa fasilitas dibawah ini :

1. Email dengan domain sendiri.

  • Ini adalah salah satu fasilitas unggulan dari pengguna hosting, anda bisa membuat email profesional sebagai contoh : admin@albarnation.com atau / namaanda@namawebsiteanda.com.

Baca Juga : Membuat Email dengan Domain Sendiri

2. Sub Domain

  • Selain bisa membuat email dengan domain sendiri anda juga bisa membuat sub domain, sebagai contoh saya punya website dengan nama albarnation.com. Saya juga bisa membuat website dengan tampilan yang berbeda dengan embel-embel domain saya (namanya sub domain) sebagai contoh : bangbin.albarnation.com atau portofolio.albarnation.com.

3. Bisa Instalasi Berbagai Macam  CMS

  • Didalam hosting terdapat berbagai macam CMS, tak hanya WordPress, tetapi berbagai CMS lainnya seperti, drupal, joomla, OpenChart, PHPBB dan sebagainya.

dan masih banyak yang lainnya, namun yang utama dan paling banyak orang gunakan adalah fasilitas-falitas diatas. Sekian semoga bermanfaat.

 

Komentar Lewat Facebook

Komentar

Scroll Up