Settia
KONTAK KAMIJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Mengatasi Masalah Gatal-Gatal Di Kulit Secara Alami

Mengatasi Masalah Gatal-Gatal Di Kulit Secara Alami | Selain tidak nyaman ,memiliki kulit yang gatal-gatal tentunya bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Apalagi saat sedang di keramaian, tentunya anda akan merasa malu dan risi jika ingin menggaruk-garuk tubuh yang gatal tersebut. Lalu bagaimana cara menghilangkan gatal tersebut? Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi maslah gatal di kulit secara alami :

1. Cuka Apel

Cuka apel ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah gatal kulit yang diakibatkan oleh iritasi karena reaksi alergi. Caranya juga sangat mudah, anda hanya cukup menerapkan 1 sendok teh cuka apel ke kulit yang gatal. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kompres kapas rendaman cuka apel untuk mengatasi gatal pada kulit. Hal ini dikarenakan, pada cuka apel ini memiliki sifat antiseptik dan antifungi yang bisa membantu untuk meringankan infeksi pada kulit. Bukan hanya itu, cuka apel juga bisa membantu mengurangi kulit kering yang bisa menyebabkan iritasi.

2. Centella Aslatica

Centella Aslatica atau yang dikenal di masyarakat dengan sebutan pegagan merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati luka ringan. Karena tanaman herbal ini mengandung bahan kimia triterpenoid yang berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka, memperkuat kulit dan meningkatkan aliran darah ke area kulit yang terluka, dan meningkatkan antioksidan di kulit yang iritasi. Bukan hanya itu, kandungan madecassoside dan asiaticoside pada tanaman herbal ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang bisa mempercepat proses penyembuhan kulit yang terkena iritasi, dan juga bisa memudarkan bekas lukanya dengan lebih cepat.

BACA JUGA :  85 Gambar yang Menceritakan Realita Kehidupan Saat Ini

3. Minyak Kelapa

Selain digunakan untuk memasak, ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, psoriasis, jerawat, dan kulit gatal. Karena pada minyak kelapa ini terdapat kandungan protein yang bisa membantu proses regenerasi sel-sel kulit, yang artinya bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak sehingga bisa mencegah terjadinya masalah kulit seperti iritasi. Bukan hanya itu, minyak kelapa ini juga bisa digunakan sebagai pelelbap kulit yang efektif, terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit kering.

4. Tea Tree Oil

Perlu anda ketahui, bahwa tea tree oil ini memiliki sifat antiradang serta antimikroba yang bisa meredakan iritasi pada kulit dan mengobati kulit gatal. Selain itu, dengan sifat antiradang yang dimilikinya, tea tree oil juga bisa meredakan psoriasis dan gatal eksim. Caranya juga sangat mudah, anda campurkan 1 sendok makan minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 2 tetes ekstrak lavender, buat teksturnya seperti cairan lotion untuk kulit. Dalam hal ini, anda bisa menggunakannya sebagai krim gatal yang bisa digunakan setiap harinya.

5. Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk meredakan iritasi serta kulit gatal. Caranya juga sangatlah mudah, anda hanya cukup oleskan gel lidah buaya ini pada kulit yang terkena iritasi maupun gatal. Perlu diketahui bahwa iritasi pada kulit dan gatal bisa disebabkan oleh kulit yang kering. Dan lidah buaya bisa mengatasi hal tersebut, dengan cara menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit anda, karena aloe vera ini mengandung kandungan air yang sangat tinggi. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat antimikroba yang mampu mencegah berkembangnya iritasi menjadi infeksi.

BACA JUGA :  Faktor-faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Sewa Bus Pariwisata?

Bukan hanya itu, lidah buaya jug bisa membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang terkena iritasi bisa lebih cepat sembuh serta meninggalkan bekas luka di kulit dengan sedikit. Bahkan, aloe vera ini juga bisa berfungsi sebagai antiradang alami yang bisa membantu mengurangi kemerahan, radang, serta nyeri yang berkaitan dengan iritasi kulit. Karena kadang-kadang kulit gatal juga disertai dengan rasa nyeri, sehingga lidah buaya ini memiliki sifat penenang yang bisa mengatasi gata pada kulit.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan gatal di kulit secara alami, semoga artikel ini ada manfaatnya.

Share Artikel Ini :
Scroll Up