Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Mengenal Alexa Dari A Sampai Z

Mengenal Alexa Dari A Sampai Z | Hampir semua blogger mengenal alexa sebagai penyedia peringkat ranking bagi web-web di seluruh dunia. Alexa Internet Inc atau yang biasa dikenal dengan Alexa (alexa.com) merupakan anak perusahaan Amazon yang menyediakan jasa layanan analisis web. Update terkini kebanyakan layanan dari alexa berfitur premium (berbayar) dan sedikit sekali yang free (gratis).

Ada baiknya kita Mengenal Alexa Dari A Sampai Z agar kita tau apa itu alexa dan tidak salah kaprah soal alexa ini, berikut ulasan saya mengenai Alexa Dari A Sampai Z.

Apa Sebenarnya Fungsi Alexa ?

Mengenal Alexa Dari A Sampai Z

Secara umum untuk para blogger, alexa di fungsikan untuk mengetahui peringkat atau kedudukan blog kita di mata dunia (global rank) dan peringkat di negara kita (regional rank). Sebagai contoh peringkat regional rank adalah Indonesia, Malaysia, Singapore, Vietnam, artinya di negara mana blog tersebut di daftarkan dan di fungsikan maka alexa membagi blog tersebut per kategori berdasarkan negara-negara. Sebagai contoh lebih spesifik blog saya ini diciptakan di negara Indonesia dan saya aktif selama ini di Negara Indonesia maka alexa secara otomatis mengategorikan blog saya di regional indonesia yang nantinya akan timbul peringkat blog saya secara global maupun secara regional yaitu Indonesia.

Selain fungsi di atas. Alexa juga memiliki fungsi lain yaitu menyajikan beberapa informasi pendukung untuk meningkatkan trafik seperti informasi kata kunci apa saja yang diketikan oleh user di mesin pencarian Google yang pada akhirnya menemukan blog kita atau informasi mengenai berapa lama jeda user ketika berkunjung ke blog kita.

Selanjutnya dengan alexa kita juga bisa mengetahui Informasi analisis tentang jumlah link yang bertautan dengan blog kita.

Akuratkah Perhitungan Alexa ?

Mengenal Alexa Dari A Sampai Z

Peringkat perhitungan alexa berbeda dengan Page Rank (Era dulu kita mengenal page rank yaitu peringkat yang diberikan oleh Google, sekarang tergantikan dengan DA dan PA) yang mengukur peringkat dari terbesar ke paling terkecil, artinya blog yang peringkat terkecil adalah blog yang paling bagus tentu berbeda dengan Page Rank yang menyajikan peringkat rank berdasarkan dari kecil terbesar yang berarti peringkat alexa rank terbesar adalah paling baik. Alexa sendiri mengategorikan alexa dari jutaan ribu sampai dengan angkat 1 akan tetapi berbeda peringkat Page Rank hanya berkisar angkat 1-10 saja.

Perlu diketahui peringkat rank di alexa hanyalah sebuah peringkat yang diberikan oleh alexa saja, bukan oleh perusahaan lain seperti google, yahoo, bing dan lainnya. Jadi semua peringkat blog yang terdaftar di alexa adalah mutlak berdasarkan peringkat alexa semata.

Lalu akuratkah perhitungan alexa. Jika peringkat berdasarkan alexa maka bisa dikatakan cukup akurat. Bagaimana dengan analisis visitor dan keyword yang terdapat di alexa, serta link-link tautan. Untuk visitor alexa cukup menyajikan data dengan akurat. Selain itu keyword dan link yang disajikan oleh alexa juga cukup akurat hanya saja lama updatenya. Ini berdasarkan fitur free bukan premium. Mungkin di fitur premium anda akan dapatkan semuanya secara realtime dan banyak fitur fitur lain yang bisa anda gunakan. Mungkin anda berminat, coba saja.

Apakah Alexa SEO ?

Mengenal Alexa Dari A Sampai Z

Perlu di pahami bahwa alexa bukan SEO. Karena alexa hanya sebatas web analisis kewords, link dan pemberi peringkat, selain itu cara kerja SEO adalah optimalisasi On Page dan Off Page. Tentu alexa bukan SEO tapi tools analisis SEO.

Alexa Ramping Apakah Visitor Banyak ?

Cukup banyak perdebatan tentang hal ini. Memang banyaknya visitor bisa merampingkan alexa, akan tetapi berdasarkan analisis saya banyaknya visitor bukan jaminan alexa ramping atau alexa ramping bukan jaminan banyak visitor.

Memang benar seperti situs-situs portal alexanya ramping dan banyak visitor. Itu sudah mutlak, akan tetapi untuk blogger, terlebih yang di kelola secara personal. Alexa ramping tidak menjamin visitor lebih banyak. Sebagai komparasi (perbandingan) web saya dulu visitor perhari sekitar 21 ribu-an dengan alexa Indonesia 1800, jauh berbeda dengan alexa teman saya yang sekitar 1200-an tetapi visitornya sekitar 30 ribuan-50 ribuan perhari. Perbandingan ini bukan satu dua web yang saya analisis tetapi ada sekitar 3, 4 web antara web saya dan teman saya.

Apa Patokan Alexa Ramping ?

Patokannya adalah seberapa sering  anda update, seberapa banyak interaksi di blog anda, sebagai contoh komentar, lalu di tunjang oleh visitor. Maka alexa anda akan ramping

Alexa Rank Menjadi Tolak Ukur

Mengenal Alexa Dari A Sampai Z

Urutan alexa rank menghitung 1 sebagai rangking terbaik. Selain urutan global (urutan seluruh dunia), alexa juga mengurutkan situs berdasarkan Negara atau letak geografis (seperti yang saya jelaskan diatas). Untuk menghetahui tentang alexa lebih lanjut bisa dibaca di http://www.alexa.com/company

Alexa rank sering dijadikan tolak ukur sebuah situs. Banyak broker paid review menjadikan alexa rank sebagai penentu harga perReview, contoh : Jika blog saya mempunyai rank 8000 sedangkan rangking blog anda 15000.000, maka blog saya akan dibayar lebih mahal jika membuat review sebuah produk atau jasa. Selain itu banyak program periklanan yang hanya mengijinkan iklan dipasang pada situs dengan rangking tertentu, misalnya idblognetwork hanya mengijinkan iklan mereka dipasang di situs dengan alexa rank minimal 10.000.000 (rangking harus lebih baik dari 10.000.000).

Terkadang memang aneh rasanya, alexa menjadi tolak ukur tersendiri, sementara menurut saya alexa hanyalah sebuah aksesories bagi sebuah blog. Layaknya kita yang menggunakan jam tangan.

Memang terlihat keren dan sangat prefesional blog yang alexa ramping, tapi bukan menjamin visitor banyak. Akan tetapi satu pertimbangan blog yang alexa ramping adalah blog yang di kelola secara berkala tidak terabaikan.

Pentingkah Alexa ?

Jika bercerita penting maka alexa bisa dikatakan penting, seperti yang saya jelaskan pada point diatas “Alexa sebagai tolak ukur” akan sebenarnya alexa hanya sebagian kecil penujang blog kita. Layakanya sebuah aksesoris. Akan tetapi bukan berarti blog yang alexanya besar sama sekali tidak laku atau tanpa visitor (seperti yang saya jelaskan diatas juga).

Bagaimana Cara Cek Alexa Rank Blog Kita ?

Untuk mengetahui rangking sebuah situs web atau blog dari alexa, silahkan kunjungi alexa.com kemudian masukan domain situs web ke mesin telusur yang disediakan atau bisa kesini http://www.alexa.com/siteinfo/albarnation.com (ganti nama site saya yang berwarna merah dengan alamat site anda)

Bisa juga dengan memasang alexa toolbar untuk mengetahui rangking alexa sebuah situs secara otomatis ketika mengunjungi situs tersebut. Alexa toolbar bisa didapatkan di http://www.alexa.com/toolbar

Tips Agar Alexa Cepat Ramping

  • Update Selalu
  • Sering Sering Blogwalking (Bagaimana agar setiap postingan banyak komentar)
  • Pertahankan trafik.

Itulah sedikit ulasan saya tentang Mengenal Alexa Dari A Sampai Z. Semoga memberikan nilai edukasi kepada kita semua dan bisa di terapkan di blog anda. Salam alexa.

Bagikan Artikel Ini !

  • memang sih … alexa ramping belum tentu visitor banyak

    curhat sama diri sendiri … hiks hiks

  • Dian R

    Tulisan menarik niih 🙂

  • Rina Simanungkalit

    Thanks infonya ya…nambah deh pengetahuan saya

  • Sarah eyie

    naaah tulisan2 begini ni yang sering dicari buat nambah pengetahuan..karena yang sudah punya blog belum tentu faham mengenai alexa,,,,seperti saya lah…hehehe..

    • Semoga tulisan ini bisa sedikit memberikan nilai edukasi mbak sarah

  • Saya paling senang melihat peringkat alexa, gan… dari angka 4 juta-an ke 500 K jadi bikin semangat, hehehe…

    • Weh mantap gan, terus ngeblog dan ngepos bakal maju itu

      • Mempertahankannya ini yang sulit gan, macet di angka 500 K hehe…

        • Weh saya kalau rajin ngepost biasanya drastis turun gan. Apalagi sehari 2 artikel plus komentar di setiap post. Joss itu

          • Ooh gitu yah, saya msh blm paham ngeblog sama ngepost itu bedanya apa ya, gan, xixi.. maaf kudet saya.. 😀

  • Pingback: Ini Yang Membuat Blog Anda Terlihat Tidak Proposional | Albarnation()

Scroll Up