Kontak Saya Content Placement | Job Review | Jasa Design Web

Mengenal Apa Itu AMP Pada Website ?

Mengenal Apa Itu AMP Pada Website ? | Awal-awal ini banyak dibahas tentang AMP, baik itu secara person to person maupun dari group-group baik itu group blogger, wordpress dan sebagainya termasuk group develoder. Pertanyaanya apa itu AMP ?. Pada artikel ini saya akan sedikit membahas dan  memperkenalkan kepada anda apa itu AMP dan apa fungsinya.

Apa Itu AMP ?

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages. AMP sendiri adalah halaman web yang di desain khusus agar laman tersebut mobile friendly. Salah satu project dari google ini juga dapat memberi pengalaman bagi pengguna internet untuk kenyamanan dan kecepatan berselancar didunia maya. Dengan didukungnya laman AMP pada sebuah situs, dapat mempercepat akses hingga 4X lebih cepat dari biasanya, Selain itu laman AMP juga dapat menghemat data internet hingga 10X lipat. Dengan mengintegrasikan situs anda agar bisa menampilkan laman AMP tentu saja dapat meningkat SERP pada hasil pencarian gooogle khususnya perangkat mobile.

Apa Sebenarnya Fungsi Dari AMP ?

Sebenarnya dari pengertian apa itu AMP kita sudah mengetahui fungsi dari AMP yaitu untuk mempercepat loading sebuah website/blog pada mobile smartphone. Karena tidak bisa kita pungkiri bahwa  saat ini Smarphone dan Tablet merevolusi bagaimana cara kita mengakses internet. Saat ini sejumlah besar orang membaca berita melalui ponsel mereka. Publisher atau situs media di seluruh dunia menggunakan mobile web untuk menjangkau semua pembaca ini, Tapi sayangnya untuk memuat sebuah halaman web pada mobile terlalu lama, hal ini menyebabkan publisher atau media kehilangan banyak pembaca dan berkurangnya penghasilan publisher. Dikarenakan karena waktu muat halaman web lebih lama sehingga pembaca meninggalkan web tersebut.

Google telah berdiskusi dengan publisher dan perusahaan teknologi dunia mengumumkan sebuah inisyatif proyek open source baru yang disebut Accelerated Mobile Pages atau biasanya dikenal dengan AMP yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja web mobile secara drastis. Dengan adanya AMP ini halaman web yang kaya akan konten video, animasi dan grafis dapat dimuat pada halaman web dalam seketika. Diharapkan dengan kode yang sama dapat bekerja di beberapa platform dan perangkat sehingga dapat muncul diperangkat manapun tidak peduali jenis ponsel, tablet atau perangkat mobile yang digunakan. Proyek ini bergantuk denganHTML AMP, framework open source terbaru yang dibangun dari teknologi web yang ada, memungkinkan website untuk membangun halaman web yang ringan.

Jadi AMP itu berfungsi untuk mempercepat halaman website mobile.

Apakah AMP Mempengaruhi SEO ?

 

  Lirik dan Terjemahan Bahasa Indonesia Lagu Khuyun A Million Pieces

Kecepatan loading sesaat di halaman AMP cukup menarik. Tapi ada pertanyaan terbesar pada setiap para marketer dan pakar SEO adalah Bagaimana AMP mempengaruhi peringkat pencarian mobile. Google belum menentukan sampai sejauh mana itu akan mempengaruhi peringkat. John Mueller, Webmaster Trends Analyst Google telah menyatakan bahwa AMP belum menjadi faktor suatu peringkat web. Namun, melihat bahwa waktu yang diperlukan untuk membuka dan kecepatan suatu halaman masih menjadi faktor utama.

Biasa dikatakan AMP saat ini belum menjadi faktor utama dari sebuah peringkat website, tetapi ada banyak manfaat dari pengoptimalan untuk itu. Namun

bisa dikatakan bahwa AMP cukup penting karena AMP adalah projek google dan jika tujuan kita adalah bagaimana meningkatkan blog di mesin pencarian google maka boleh dikatakan bahwa google memasukkan website/blog AMP bagian dari seo, artinya adalah ” Google melakukan filter mana blog yang ringan/AMP/ blog yang memberikan usability yang baik “.

Selain alasan diatas, perlu anda ketahui juga bahwa trend seo 2017 adalah “Mobile akan menjadi raja “. Artinya bahwa Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor dalam hal ini, peningkatan pengguna telepon genggam juga mempengaruhi perkembangan alias trend SEO 2017 nanti. Apalagi setelah Google mengumumkan Mobile Geddon bahwa Mobile Friendly adalah keharusan. Coba deh cek, berapa traffic blog kamu sekarang yang berasal dari mobile? Entah itu smartphone ataupun tablet. Apakah ada peningkatan selama ini?

AMP seperti yang sedang kita bahas, tujuan dari project ini adalah untuk meningkatkan kecepatan dalam akses situs atau blog menggunakan handphone. Untuk pengguna wordpress self hosted, menerapkan AMP lebih mudah karena tinggal install plugin AMP dari Automatic.

Sedangkan kalau di blogspot, sudah pasti harus bermain dalam script kamu. Berikut ini contoh AMP sudah mulai berpengaruh, screen shot dari Moz ini menunjukkan bahwa AMP Pages sudah muncul di SERP.
amp – salah satu trend seo 2017. Nah, ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh Blogger Indonesia yang menggunakan blog untuk menghasilkan uang dengan iklan seperti Adsense saat menerapkan AMP ini. Iklan-iklan sudah banyak disupport oleh Google untuk AMP Page. Tapi kita harus setting ulang iklan kita untuk bisa menampilkan iklannya.

Itulah sekilas artikel Mengenal Apa Itu AMP Pada Website ?, apakah anda sudah menerapkan AMP di Blog/website anda ? saya sendiri dengan blog albarnation.com ini sudah menerapkan AMP walaupun belum semaksimal mungkin. Namun akan terus di perbaharui seiring berjalannya waktu.

Komentar Lewat Facebook

Komentar

Scroll Up