Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Menulislah Agar Di Kenang Nanti

Apa yang paling dikenang seseorang setelah mereka tiada, tentu jawabannya foto dan video. Jika ditanya tentang yang lainnya, ya sebuah keseharian bagaimana mereka berinteraksi, tentu itulah jawaban yang sering diungkapkan saat ditanya tentangnya.

Tapi apa yang bisa dipelajari dari mereka yang telah tiada, tidak ada, sehebat apapun anda, anda akan menjadi kenangan sementara lalu hilang ditelan waktu.

Kecuali ada yang menulis tentang seseorang tersebut atau ada sebuah karya yang ia ciptakan dalam bentuk sebuah tulisan.

Yang jago berbicara rasanya sayang jika tidak hebat dalam menulis, begitu juga yang hebat menulis rasanya sayang jika tidak cakap dalam berbicara.

Meski setiap orang punya talenta masing masing, tapi sayang jika tidak belajar. Ya terkenal dan hebat hanya bisa memberikan kenangan beberapa tahun saja lalu akan hilang di telan kelupaan, tapi sebuah karya tulis akan terus abadi, ada kenangan, ada torehan, ada bahan yang bisa dipelajari.

Itulah mungkin yang dikatakan Pramoedya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Di lain waktu juga Pramoedya Ananta Toer mengatakan “Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. (Mama, 84)”. Itu…

Bagikan Artikel Ini !

Scroll Up