CONTACTJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

[Pengalaman] Dari Mana Saja Penghasilan Seorang Blogger

[Pengalaman] Dari Mana Saja Penghasilan Seorang Blogger | Postingan kali ini sedikit mengulas tentang pendapatan seorang blogger dan tentu saja ulasan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi setelah sekian lama melintang buana di dunia perbloggeran.

Dari Mana Saja Penghasilan Seorang Blogger

Postingan ini saya buat bukan tanpa sebab, karena memang ada yang bertanya. “Bang pendapatannya berapa ya dari ngeblog ?”, “terus, dari mana saja ya bang dapatnya ? “. Maka saya bilang “ya.. nanti saya buatkan artikel khusus menjawab pertanyaan itu.“. Karena saya pikir mungkin beberapa sahabat yang lainnya penasaran juga, maka alangkah lebih baiknya saya buatkan sebuah artikel saja. Mungkin saja bisa menjawab penasaran banyak sahabat didunia maya sana, mungkin.

Sumber Pemasukan Blog Ini.

Sedikit flashback, Blog ini berkembang pesat saat tahun 2014 dimana saya masih kuliah. Saat itu dimana semangat ngbelog saya berada ditahap puncak dan tentu saja saya banyak mempelajari selak-beluk dibidang perbloggeran. Seperti SEO, Teknik Marketing, Design, editing juga hal-hal yang menjadi sumber pendapatan.

Dan saat itulah blog ini mulai menghasilkan pundi-pundi rupiah seiring banyaknya visitor yang masuk. Yang bahkan saya sendiri sebelumnya tidak tau, bahwa blog bisa menghasilkan uang jajan. Maka dimulai saat itu, bisa dikatakan penghasilan saya dari blog ini adalah sebagai berikut :

1. Konten Placement

Bagi pemain blog bisanya tidak asing dengan nama diatas. Content Placement adalah bentuk kerjasama berupa penempatan konten di dalam blog. Konten biasanya berupa tulisan atau artikel yang ditulis oleh pihak brand atau pengiklan, dan dipublikasikan di website milik blogger. Ini artinya blogger hanya tinggal posting atau menayangkan konten yang sudah disiapkan oleh pihak pengiklan.

Berapa kira-kira kisaran satu konten placment, tentu berbeda-beda tergantug dari tingginya PA (page authority) dan DA (domain authority) sebuah blog.  Saya pribadi untuk kontent placement mematok Rp. 100k.

2. Job Review

Kedua adalah Job Review. Berbeda dengan konten placement, job review mengharuskan kita untuk menulis alias mereview produk dan tidak hanya berbentuk barang, juga bisa berbentuk layanan atau lainnya kemudian di publish di blog kita.

Tentu saja model ini sangat efektif untuk mengiklankan produk atau jasa ke masyarakat. Model iklan ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mendekatkan produk atau jasa ke konsumen.

Nah, dari job review ini saya pernah mendapatkan satu atikel dibayar tujuh ratus sampai satu jutaan. Namun Kira-kira berapa kisaran satu job review untuk sekarang. Ya, tentu saja masih tergantung dari tingginya DA/PA. Saya pribadi untuk job review mematok Rp. 150k

BACA JUGA :  Bagaimana Cara Membeli Domain Di Qwords.com

3. Adsense

Ketiga sumber penghasilan blog ini adalah adsense.Adsense atau google adsense dalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Berapa penghasilan blog ini dari penghasilan google adense. Ah, tidak seperti dulu, sekarang kecil. Saya bisa kisarkan penghasilan saya dari google adsense terus menurun dari tahun ketahun kira-kira seperti ini.

  • 2013-2014 : 5 jt +
  • 2015-2016 : 2 jt –
  • 2016-sekarang : 1 jt +

Mengikuti kurs mata uang dollar, USD to IDR. Pembayaran via WU (western union) biasanya saya mengambi melalui pos terdekat. Caranya cukup menunjukkan nomor MTCN dan kartu tanda pengenal.

4. Iklan

Selain diatas, penghasilan saya ada juga dari penempatan slot iklan. Biasanya kisaran iklan ini adalah Rp.150k – 250k perbulan.

5. Buzzer

Sebenarnya menjadi buzzer ini bukanlah dari blog, tapi buzzer biasanya di ambil dari pemilik blog. Alias seorang blogger juga seorang buzzer. Berapa kisaran sekali buz, hahhaha tentu saja beragam, tergantung dari banyaknya yang dibuz.

Itulah sedikit informasi mengenai pemasukan blog ini. Ah, kali saja bisa bermanfaat bagi anda juga bisa memberikan inspirasi dan semangat pantang menyerah untuk terus  ngeblog. Tancapkan semangat nartuto pada diri kita. Hehehe

Share Artikel Ini :
Scroll Up