CONTACTJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Pengertian Apa Itu Buzzer, KOL, Job Review dan Konten Placement

Pengertian Apa Itu Buzzer, KOL, Job Review dan Konten Placement | Sedikit banyak kita tau pengertian diatas, namun saya yakin tidak semuanya tau. Untuk yang berkecimpung didunia blogging dan sosial media memang sudah memahami secara mendalam bahkan menjadi rutinitas setiap hari. Namun, yang tidak berkecimpung di dunia sosial media dan blogging masih bingung dengan istilah-istilah diatas. Untuk itu artikel ini saya buat agar kita memahami apa itu buzzer, kol,, placemen dan job review.

Pengertian Apa Itu Buzzer, KOL, Placement dan Job Review

1. Buzzer.

Profesi buzzer ini melejit seiring berkembangan sosial media. Bisa dikatakan bahwa buzzer ada karena sosial media ada. Karena buzzer mempunyai tugas disosial media. Nah, apa tugas itu. Yaitu menyampaikan atau memberitahukan sesuai. Artinya bahwa, buzzer adalah orang yang memanfaatkan akun sosial media miliknya guna menyebar luaskan info atau dengan kata lain untuk melakukan promosi maupun iklan dari suatu produk maupun jasa pada perusahaan tertentu.

Diisitilah bawah seorang buzzer di sosial media memiliki peran sebagai alarm. Maksudnya orang yang akan terus menerus sesuai jadwal yang telah ditetapkan melakukan suatu promosi atau iklan mengenai suatu produk.

Bagaimana pekerjaanya. Nah, biasanya pekerjaan buzzer ini dilakukan secara bersama dengan waktu tertentu. Bersama dalam istilah dilakukan secara ramai, artinya bukan saya sendiri atau anda sendiri, tetapi ada beberapa orang, bahkan puluhan atau ratusan dan dikerjakan dalam waktu tertentu, misal waktunya adalah hari ini dari jam 09.00 sampai jam 17.00 Wib dan tergantung kesepakatan oleh pemberi job.

2. KOL

Key Opinion Leader atau bisanya disingkat KOL, bukan sayuran ya. Kol ini sebenarnya masuk di ranah marketing dengan kata lain banyak di aplikasi dalam ranah branding serta pemasaran untuk mempengaruhi pola pikir sehingga orang tersebut mampu berpikir sesuai yang kita inginkan. Dalam kata lain kita ingin mereka menyukai kita dan mengajak orang lain untuk melakukan hal tersebut.

BACA JUGA :  Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website Dari CMS Wordpress

Kol erat kaitannya dengan opini publik. Artinya kol hadir guna merubah opini publik. Semisal anda tidak suka dengan salah satu provider kemudian saya tugas saya adalah bagaimana anda menyukai provider tersebut yang imbasnya anda akan mengatakan bahwa provider tersebut bagus keteman bahkwan ke khalayak ramai seperti sosial media anda, namun pada dasarnya penerapan kol ini sangat luas.

3. Job Review dan Konten Placement

Job Review dan Placement ini erat kaitannya dengan blog atau aktivitas blogging. Saya tidak bisa mengartikan secara khusus tentang job review maupun placement ini. Namun pada dasarnya seperti ini. Kita mempunyai sebuah blog (anggap sudah terkenal) kemudian kita membuka lowongan slot iklan ataupun penulisan. Lalu ada yang minta tuliskan artikel tentang sesuatu (anggap saja wisata/produk) dengan bayaran sekian rupiah untuk satu artikelnya. Adapun kisaran banyak kata yang harus kita tulis adalah 1000 kata. Maka itu dinamakan Job Review. Dimana kita mendapat order artikel untuk menuliskan sesuatu atau mereview sesuatu.

Nah berbeda dengan konten placement. Misal kita punya blog  kemudian ada orang yang ingin memasang artikel di blog kita dengan tulisan sudah jadi. Jadi artikelnya dibuat oleh mereka kita tak perlu membuat artikel/ mengetik. Tugas kita tinggal publish saja pada blog kita, itu saja. Itulah yang dinamakan konten placement.

Mana yang mahal bayarannya. Ya jelaslah job review lebih mahal dari pada konten placement. Hahahahha, kan job review kita butuh inspirasi untuk menulis, tenaga ngetik dan sebagainya. Kalau konten placement kita tinggal publish saja.

Seperti itulah kira-kira penjelasan tentang buzzer, kol, job review dan konten placement. Jika ada pertanyaanya ajukan di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah ini. And happy blogging.

Share Artikel Ini :
Scroll Up