Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Pengertian Reksadana Saham Dan Keunggulannya

Pengertian Reksadana Saham | Saya pribadi pernah beberapa kali mengikuti simulasi pasar modal/saham di batam dengan teman-teman saya yang di mentori oleh salah satu perusahaan ternama di Indonesia yaitu Idx perwakilan batam, dari sinilah saya sedikit banyak mengetahui apa itu saham.

Di sadari bahwa merencanakan keuangan adalah sebuah  tindakan yang bijak sebelum semua pendapatan dikeluarkan secara sia-sia. Karena, pada prinsipnya di setiap hari akan ada jumlah pengeluaran yang tak tentu, mulai dari kebutuhan yang mendadak ataupun yang direncanakan.

Untuk itulah, diperlukan perencanaan yang matang agar nantinya keuangan bisa tercukupi bahkan sisa lebih untuk kebutuhan lainnya. Sebagai salah satu program perencanaan pengaturan keuangan di masa nanti, Anda bisa melakukan investasi. Dimana bentuk dalam berinvestasi ini bisa dengan reksadana.

Selama ini mungkin kita mengetahui apa itu reksa dana. Ya, Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya. Sementara menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.” Saat ini reksa dana yang masuk dalam kategori pasar modal yang diawasi oleh OJK  yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Ada dua kelebihan reksadana pada umumnya, yaitu reksadana bisa dijadikan investasi awal bagi investor baru (pemula) atau mereka yang kurang paham soal investasi. Maklumlah, reksadana memiliki sifat deversifikasi risiko dan murah. Jadi kemungkinan investor rugi habis-habisan lumayan kecil. Keuntungan kedua adalah reksadana juga cocok untuk mereka yang tidak punya waktu untuk mengurus investasi. Dalam investasi reksadana ada manajer investasi yang bertugas mengelola dana tadi dan melaporkannya secara periodic kepada pihak pemodal.

Mungkin ada mengetahui bahwa banyak sekali jenis dari reksa dana ini, seperti reksadana ampuran, reksadana pasar uang, reksa dana index, reksa dana pendapatan tetap. Nah selain itu salah satu jenis dari reksana dana adalah reksadana saham. Reksadana saham sendiri adalah wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang di dalamnya di investasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah perusahaan Manajemen Investasi, terutama kedalam produk investasi berupa saham.

Adapun pengertian reksadana saham yang saya kutip dari dbs.com bahwa “Reksa Dana Saham adalah jenis reksa dana berisiko tinggi dengan hasil pengembalian melalui investasi dengan komposisi saham ≥ 80% dari total portofolio. Reksa dana ini bertujuan untuk memberikan pertumbuhan modal jangka panjang bagi pemegang unitnya.”

Reksadana saham berarti reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Efek saham umumnya memberikan potensi hasil yang lebih tinggi berupa capital gain melalui pertumbuhan harga-harga saham dan deviden. Reksadana saham memberikan potensi pertumbuhan nilai investasi yang paling besar demikian juga dengan risikonnya.

Apa Keunggulan Dari Reksadana Saham

  • Cocok untuk investasi jangka panjang (5 tahun atau lebih)
  • Melayani kebutuhan akumulasi kekayaan dengan apresiasi modal
  • Berbagai macam pilihan produk yang dikelola oleh manajemen aset terkemuka di Indonesia.

Itulah pengertian reksadana saham, jika di tanya soal pendapat saya soal reksanda saham ini, menurut saya reksadana saham adalah reksadana yang paling menguntungkan bagi siapa saja yang bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan, kita pahami bahwa di satu sisi, banyak orang yang ingin mencoba masuk ke bisnis saham. Di sisi lain mereka khawatir dengan risiko kerugian. Reksa dana saham menawarkan investasi tanpa risiko.

Bagikan Artikel Ini !

Scroll Up