Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Perbedaan WordPress Dengan Web Yang Kita Bikin Sendiri

Mungkin banyak di antara anda banyak yang bertanya apa perbedaan WordPress dengan Web yang kita bikin sendiri, atau mungkin anda bertanya seperti ini “Apa perbedaan wordpress degan kita bikin sendiri html css php javascript dan sebagainya??”.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan menjawab pertanyaan diatas, karena berdasarkan pengalaman ada sebagain teman-teman yang bertanya kepada saya apa sebenarnya perbedaan wordpress (khususnya self host) dengan web yang kita buat sendiri padahal sama sama membutuhkan domain dan hosting, berbeda dengan blogger yang sudah di sediakan flatform sendiri dimana kita tanpa harus menyewa domain (kalau mau juga bisa ) dan tanpa adanya biaya hosting.

WordPress Itu di Buat Dengan Kode Program Layaknya Web Yang Kita Buat Sendiri

WordPress.Org dibuat layaknya kita membuat website sendiri ada database, ada program PHP, ada juga kode HTML, dan Javascript. Hanya saja wordpress sudah dibuat dan bisa digunakan secara open source, dan tentu saja perbedaan yang mendasar wordpress dengan web yang kita buat sendiri adalah kita mengikuti struktur yang telah dibuat oleh wordpress.

Artinya bahwa, saat kita menggunakan wordpress maka secara otomatis kita mengikuti struktur yang telah diberikan wordpess. Namun, kita melakukan modifikasi terhadap wordpress tersebut, semisal membuat tampilan yang lebih wah, melakukan berbagai keperluan yang kita inginkan, semisal membuat web yang bisa dibuat toko online, atau pemesanan tiket dengan menggunakan beberapa plugin yang telah disediakan, maka di wordpress anda bisa membuat hal-hal tersebut.

WordPress Itu CMS

Dari hal-hal diatas itulah makanya wordpress juga disebuat sebagai sebuah CMS (Costume Management System) anda tanpa harus di bekali secara menyeluruh tentang programan web.

CMS adalah sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

Artinya bahwa dengan menggunakan wordpress siapapun bisa membuat website, tanpa harus mengerti bagaimana membuat sebuah website. Hanya bermodalkan domain, hosting dan melakukan instalasi wordpress di cpanel maka sebuah website sudah jadi. Selebihnya soal tampilan kita bisa menggunakan themes yang berterbaran di dunia maya, baik itu secara free maupun premium. Untuk costume themes biasanya ada panduan saat kita mendapatkan themes tersebut, selain itu jika anda menggunakan themes premium (berbayar) maka ada support yang siap melayani jika anda mengalami kesusahan.

Perbedaanya Apa ?

Sebenarnya secara struktur programan sama saja. WordPress juga dibuat oleh database, kemudian di panggil oleh PHP, dan untuk layout ada HTML dan CSS juga java script (ada back end dan front end).  Hanya saja struktur  tampilan sudah di tentukan oleh wordpress sementara jika kita buat sendiri sudah jelas sesuai keinginan kita.

Penggunaan CMS adalah sebuah cara cepat untuk membuat sebuah website, tanpa harus ribet koding sana koding sini. Era ini, jika hanya membuat sebuah website statis saya kira banyak yang menggunakan CMS seperti WordPress,  Jomla dan sebagainya dari pada koding sendiri. Karena kemudahan, kecepatan bekerja, dan juga di dukung banyak  hal seperti themes yang menarik dan plugin.

Pilih Mana CMS atau Buat Sendiri ?

Bingung, jika anda tak mau ribet dengan koding sana sini, saya sarankan menggunakan CMS saja. Namun jika memang mau membuat sebuah website sendiri tentu hal itu lebih bagus, membuat sesuatu yang baru, sesuai harapan, keinginan dan maunya dibuat seperti apa website tersebut. dan tentunya juga makin mengasah kemampuan anda dalam koding. Semuanya ada di tangan anda.

Bagikan Artikel Ini !

Scroll Up