Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Rekomendasi Pilihan Peluang Usaha Terbaik 2017

Pilihan Peluang Usaha 2017 | Bagi Anda yang ingin membuka bisnis  sendiri tetapi masih bingung bidang mana saja yang potensial menjadi peluang usaha 2017. Berikut ini adalah beberapa kategori bidang usaha yang dapat dipilih. Sesuaikan saja bisnis yang akan dibangun dengan minat dan hobi Anda.

Kategori Bidang Usaha

  • Bisnis kuliner
  • Toko Online
  • Bidang Jasa
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Perikanan

Selain berdasarkan bidang usaha, bisnis rumahan ibu rumah tangga juga bisa dikelompokkan berdasarkan lokasi. Strategi usaha di skala pedesaan tentu akan berbeda dengan bisnis di perkotaan atau pun di sekitar pantai.

Kategori Bisnis Berdasarkan Lokasi

  • Bisnis rumahan di pemukiman
  • Usaha kecil pedesaan
  • Bisnis di pinggiran kota
  • Bisnis di kawasan pariwisata
  • Bisnis di sekitar pantai

Nah, setelah mengetahui bahwa bisnis bisa dikelompokkan berdasarkan kategori-kategori tertentu, berikut ini akan diulas mengenai peluang usaha di dua kategori, yaitu pertanian dan perikanan.

Bisnis Pertanian

Sejak masih sekolah dasar kita diajarkan bahwa Indonesia adalah negara agraris dengan sumber daya alam yang melimpah. Ini berarti mayoritas mata pencaharian Indonesia adalah di bidang pertanian, tetapi mirisnya ternyata masih banyak hasil pertanian yang diimpor, termasuk beras.

Dengan masih adanya impor, berarti produksi pertanian lokal beum sanggup memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia. Kemungkinan juga karena para petani belum mengelola atau pun memanfaatkan hasil panen pertaniannya dengan maksimal. Sehingga Indonesia hanya sanggup menjual komoditas atau produk mentah pertanian dengan kualitas yang rendah karena belum diproses menjadi bentuk yang lain seperti halnya negara lain.

Hal ini sangat disayangkan, karena sebenarnya Indonesia memiliki tanah yang sumber dan memiliki jumlah penduduk yang besar. Ketersediaan sumber daya berupa air pun sebenarnya masih mencukupi untuk mengelola lahan pertanian yang ada.

Dari sisi pemerintah, Kementrian Pertanian telah menyelenggarakan berbagai program untuk meningkatkan mutu dan hasil produksi pertanian. Beberapa program tersebut mencakup penyuluhan-penyuluhan, subsidi pupuk, asuransi pertanian dan juga asupan dana untuk modal usaha.

Nah, Anda bila Anda ingin terjun dalam bisnis ini, maka Anda dapat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pertanian di situs resmi pertanian pemerintah. Perlu diingat bahwa bertani tidak melulu padi, ada berbagai tanaman pangan lain yang bisa dimanfaatkan untuk bertani dan banyak digunakan dalam kuliner Indonesia. Beberapa tanaman tersebut adalah  tomat, jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, cabe rawit, buah naga, melon, pisang dan jahe merah. Sementara dari sisi bertani tanaman hias, Anda bisa melakukan budi daya tanaman anggrek, mawar dan lain-lain.

Bisnis Perikanan

Selain terkenal sebagai negara agraris, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim karena lautnya yang luas. Bahkan luas wilayah laut Indonesia lebih besar dibandingkan luas daratan. Nah, hal ini memberikan keuntungan beraneka ragamnya biota laut yang ada di perairan Indonesia, termasuk berbagai macam jenis ikan.

Tak heran Pak Jokowi sering melontarkan pertanyaan untuk menyebutkan nama-nama ikan dengan hadiah sepeda. Itu karena ada begitu banyak nama ikan di Indonesia. Banyak ikan yang dapat dengan mudah hidup di Indonesia. Maka dari itu usaha rumahan di bidang perikanan pun cukup potensial. Bila tidak hidup di tepi laut, tetap bisa melakukan budidaya air tawar dengan membuat kolam ikan di rumah. Contohnya adalah budidaya ikan gurame, ikan lele, ikan patin, ikan mas, ikan koi, ikan sidat, cacing sutera, ikan tongkol, belut dan lain-lain. Jangan sampai salah sebut ya kalau ketemu Pak Jokowi.

Jangan pernah menyepelekan bidang perikanan, karena ini merupakan salah satu bidang yang menyumbang PDB (pendapatan domestik bruto) yang besar di Indonesia. Bidang ini pun bisa membuka banyak lapangan kerja.

Itulah beberapa Pilihan Peluang Usaha 2017, Pemerintah sendiri telah mendukung bidang ini dengan mengucurkan dana untuk modal usaha bagi yang ingin berbisnis di bidang ini. Selain itu disediakan pula penyuluhan-penyuluhan dan pengadaan peralatan untuk budi daya ikan. Apalagi kita punya Mentri Kelautan dan Perikanan yang asik dan keren. Informasi rinci yang berkaitan dengan bidang ini dapat digali lebih lanjut melalui situs resmi Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bagikan Artikel Ini !

Scroll Up