Kontak Saya Content Placement | Job Review | Jasa Design Web

Snorkeling Ke Pulau Abang Batam Lihat Terumbu dan Nemo

Snorkeling Ke Pulau Abang Batam Lihat Terumbu dan Nemo | Kepulauan Riau terkenal dengan gugusan pulau yang indah dengan daerah maritimnya. Dengan itu pula maka Kepri menawarkan berbagai keindahan alam akan wisata termasuk wisata laut. Wisata laut seperti snorkeling untuk melihat terumbu karang yang indah dan berbagai hewan laut yang hidup di sekitar terumbu. Nah, untuk melakukan snorkeling ini anda bisa menuju di pulau Abang Batam.

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel.

Sedikit bercerita mungkin anda pernah menonton film Finding Nemo yang mengisahkan tentang seekor ikan badut yang lincah nan lucu. Nah, ikan Nemo tersebut bisa kita jumpai di balik terumbu karang indah yang terdapat di pulau Abang Batam. Di pulau abang ini anda bisa melihat indahnya terumbu karang lengkap dengan penghuninya seperti ikan Nemo, bulu babi dan berbagai hewan lainnya yang saya sendiripun tidak kenal.

Untuk sampai kepulau Abang ini anda bisa menggunakan Jasa Travel milik Galang Bahari Wisata. Jasa travel ini menyediakan dua paket untuk bisa sampai kepulau Abang, yang pertama anda bisa membayar sebesar Rp. 280,000/orang untuk paket ini, perjalanan bersama Galang Bahari Wisata dimulai dari PT Pari. Artinya anda tidak di jemput melainkan menggunakan kendaraan pribadi melewati 4 jembatan barelang hingga sampai di pelabuhan PT Pari. Sementara yang kedua Galang Bahari Wisata menawarkan kemudahan kepada anda dengan membayar  Rp. 320,000/orang dan anda akan di jemput dari Kepri Mall.

Mungkin anda masih belum tertarik untuk snorkeling disini (pulau Abang red)  maka tak ada salahnya saya sedikit bercerita pengalaman saya  snorkeling bersama team Blogger Kepri bersama Agen Travel Galang Bahari Wisata berikut ulasan saya.

Snorkeling Ke Pulau Abang Batam Bersama Galang Bahari Wisata

Perjalanan saya bersama keluarga Blogger Kepri ke pulau Abang di mulai dari Top 100 Batam dengan menyewa 1 bis cukup menampung sekitar 28 orang dan semuanya adalah team Blogger Kepri yang berdomisili di Batam.

Adapun perjalanan kami semuanya di tanggung oleh Galang Bahari Wisata sebagai agen Wisata khususnya ke Pulau Abang abang dan pulau Petong.

Adapun tujuan dari Bus kami dalah ke pelabuhan PT Pari. Untuk sampai ke pelabuhan ini kami melewati jembatan Barelang (batam rempang galang) yang menyambungkan Batam dengan pulau-pulau terluar.

Sampainya di pelabuah PT Pari kami sudah di tunggu dua spead board yang siap mengarungi lautan demi mengantar kami ke Pulau Nguan.

Lho, kenapa ke pulau Nguan,? bukannya kita mau ke pulau Abang.? Nah, perlu anda ketahui sebelum kita kepulau Abang kita singah dulu di homestay Galang Bahari Wisata. Jarak antara pelabuhan PT Pari dan pulau Nguan sangat dekat 10 menit saja sudah sampai di pelabuhan pulau Nguan tersebut.

Setelah sampai di Pulau Nguan rombongan Blogger Kepri terima langsung oleh Om Zack selaku Owner Galang Bahari Wisata yang memberikan sedikit wejengan tentang snorkling.

Di homestay Galang Bahari Wisata ini kita ngapain aja ya. Nah, disini kita akan diberikan penjelasan tentang berbagai macam bentuk terumbu karang serta terumbu karang yang boleh di injak yang tidak boleh di injak dan berbagai hewan laut termasuk ikan Nemo dan Bulu Babi “santai jangan takut dengan bulu babi, yang dilaut itu hanya bulunya saja. Babinya tetap di darat”  kata salah seorang tour guide yang berkelakar sontak kamipun tertawa. Namun perlu di ingat bulu babi juga bisa menusuk yang membuat kita merasa kesakitan.

Di homestay Galang Bahari Wisata ini juga kita akan melakukan prepare (persiapan) sebelum Ke Pulau Abang untuk snorkeling. Persiapan tersebut mencangkup pengantian pakaian dan pemasangan life jacket.

Life jacket ini sudah disediakan oleh pihak Galang Bahari Wisata. Jadi anda tak usah pusing jika mau snorkeling di Pulau Abang dengan membeli life jacket dan sebagainya. Semuanya sudah disediakan oleh Galang Bahari Wisata anda tingal pilih yang sesuai dengan tubuh anda.

Setelah siap persiapannya selanjutnya kita akan kembali menaiki spead board dan menuju Pulau Rano. Lho kenapa kepulau Rano.? nah, disini kita akan diberi alat-alat untuk shorkeling seperti masker/kacamata, snorker (itu pipet yang dipasang pada mulut untuk mendapatkan udara), fins (sepatu kayuh). Kuranh lebih seperti gambar dibawah ini.

  Situs Tempat Download Template Blogger Terpopular

Barang-barang diatas semuanya sudah disediakan oleh Galang Bahari Wisata. Lagi, anda tingal memilih yang pas dan sesuai selera anda.

Dipulau Rano ini juga kita akan dikali bagaimana snorkeling dan mencoba alat-alat tersebut dengan mencoba snorking di pinggir pantai pulau Rano. Hanya saja disini belum terdapat terumbu karang, singah disini adalah untuk pembagian alat-alat snorkeling dan tester alat tersebut. Owh ya, sebelum tester kita akan edukasi bagaimana menggunakan alat tersebut, meletakkan dengan pas dan tentu saja pemanasan dengan melakukan senam rengan otot.

Setelah selesai di Pulau Rano ini kami melanjutkan perjalanan untuk melakukan snorkeling yang sesungguhnya namun kami belum juga snorkeling di pulau Abang melainkan di pulau Dedap.

Nah dipulau dedap ini kami betul betul melakukan snorkeling dengan melihat terumbu karang yang cantik lengkap dengan nemonya.

Dipulau Dedep ini saya baru pertama kali melihat terumbu karang dan disibukkan sendiri mencari ikan Nemo. Owh ternyata ikan Nemo itu seperti yang di film-film itu benar-benar mirip sekali.

Disini kami melakukan snorkeling sekitar setengah jam ternyata tak sadar kami sudah masuk waktu siang, terpaksa kami kepinggir pantai untuk makan siang secara bersama-sama. Nah, dengan mengikuti trip bersama Galang Bahari Wisata kita tak perlu lagi bawa bekal sendiri semuanya sudah disediakan termasuk makan siangnya, serta minum teh dan kopinya juga sambil duduk dipinggir pantai, asek tenan.

Setelah makan siang dan minum teh kopi serta istirahat sebentar akhirnya kami kembali melanjutkan snorkeling masih di pulau Dedap namun dengan spot yang berbeda. Berarti di pulau Dedap ini kami melakukan dua kali snorkeling di dua spot yang berbeda tentu saja terumbu karang dan penghuni juga berbeda.

Setelah asik melakukan snorkeling di pulau Dedap ini selanjutnya kami menuju ke tempat yang sesungguhnya yaitu di pulau Abang. Kenapa ya spot snorkeling pulau Abang diletakkan terakhir dari pada spot-spot lain. Setelah saya sampai di pulau Abang saya baru tau ternyata pulau Abang adalah spot yang luar biasa. Saya sempat begitu kagum dengan spot pulau Abang ini, air yang jernih, terumbu karangnya MasyaAllah terlihat dengan jelas dan ikan  nemonya bergitu jinak-jinak, kita bisa melihat dengan sangat dekat dan sangat jelas bagaimana bentuk nemo dan bagaimana pula rumah tempat nemo tinggal.

Disini saya baru mengetahui bahwa nemo tak hanya tingal di karang melainkan mempunya tempat tingal sendiri seperti rumput berwarna putih kalau disentuh terasa hidup layaknya seperti hewan tapi rumput. Saya benar-benar heran dibuatnya. Owh begitu rupanya.

Selain nemo tentu saja bulu babi, karena memang selama ini saya hanya mengetahui bulu babi hanya lewat gambar kali ini saya melihat dengan nyata dan benar-benar nyata.

Rasanya dipulau Abang ini saya tidak mau berhenti untuk lebih berexplorasi lagi dengan keindahan bawah laut yang sangat mempesona. Namun apadaya waktu tidak memungkinkan lagi kita ada tour guide yang telah memberikan kita waktu waktu disetiap spot.

Akhirnya kita menaiki spead board kembali, berat rasanya memang harus merelakan pemandangan yang begitu indah. Saya kira kami akan pulang ke pulau Nguan, tetapi kami singah lagi di pulau Rano. Lho kok singah sih,? ternyata disini kami lagi-lagi dijamu dengan kelapa muda, saya sendiri meminum 3 buah kepala dan semuanya habis saya telan airnya, benar-benar haus dan benar-benar terasa nikmat minikmati kelapa dipinggir pingir pantai sambil berjemur menikmati suasan sore hari. Lega sekali, rasanya nikmat hidup sangat terasa maka nikmat mana yang kamu dustakan lagi.

Setelah selesai menikmat kepala muda kami akhirnya kembali ke pulau Nguan dimana homestay Galang Bahari Wisata berada untuk berbilas badan dan menganti pakaian.

Ternyata jamuan sudah disiapkan oleh Galang Bahari Wisata, lagi dan lagi ternyata. Kami lagi disuguhkan kopi dan teh lengkap dengan buah-buahannya. Aha, setelah saya mandi dan menganti pakain lantas menikmati kopi sambil memandang matahari terbenam, amboy rasanya begitu tentram.

Harga Snorkeling Ke Pulau Abang Bersama Galang Bahari Wisata

Tersedia beberapa paket Galang Bahari wisata, berikut saya berikan harga lengkapnya.

Sosial Media & Contact Galang Bahari Wisata

Itulah sekilas tentang Snorkeling dan Galang Bahari Wisata diaman agen travel yang bisa membantu anda untuk snorkeling. Bagaimana, tertarik untuk snorkeling di Pulau Abang, yuk segera.

#Foto dokumentasi Pribadi juga sebagian dari teman Blogger Kepri yang ngetrip bersama di pulau Abang.

Komentar Lewat Facebook

Komentar

Scroll Up