Kontak Saya Content Placement | Job Review | Jasa Design Web

Selayang Pandang Tentang Komunitas Bengkel Sabda

Selayang Padang Tentang Komunitas Bengkel Sabda – Bengkel Sabda adalah sebuah komunitas yang bergerak dibidang seni sosial media budaya dan wirausaha, yang mengusung slogan “Creation For All” yang berarti “Berkarya dalam segala hal”.Tentunya hal ini sesuai dengan deskripsi dari Bengkel Sabda itu sendiri yaitu seni sosial media budaya dan wirausaha.

Awal Berdiri

Komunitas Bengkel Sabda atau yang biasa disingkat dengan BS awalnya hanya sebuah group facebook kemudian dibuatlah sebuah Komunitas nyata pada tanggal 7 Juni 2011 yang terdiri dari berbagai elemen baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan dan pengusaha “intinya siapa saja bisa menjadi anggota jika mempunyai minat dan tujuan yang sama dengan Bengkel Sabda“. Sampai saat ini anggota Bengkel Sabda yang aktif sekitar 50 orang.

Filosofi Nama Bengkel Sabda

Kenapa namanya Bengkel Sabda ?, ada filosofi disana. Bengkel Sabda terdiri dari 2 kata yaitu “Bengkel” dan “Sabda”. Bengkel sendiri bisa diartikan tempat reparasi, berlatih, tempat kegiatan, atau modifikasi. Sementara Sabda adalah perkataan, perilaku yang baik-baik.

Maka dari penggalan kata Bengkel dan Sabda jika di gabungkan dan diterjemahkan dalam sebuah wadah maka dapat kita deskripsikan sebagai ” Tempat untuk melakukan kegiatan yang bisa menggeliatkan potensi diri untuk menuju kearah yang lebih baik “.

Struktur Organisasi

Komunitas Bengkel Sabda dikelola oleh struktur yang berfungsi sebagai kejelasan tanggung jawab, kedudukan, jalur hubungan serta kejelasan dari uraian tugas. Berikut adalah struktur Komunitas Bengkel Sabda.

  • Pendiri : Sigit Sugiarto
  • Pembina : Arreza MP
  • Pengawas : Kang Mas Sugiarto
  • Ketua : Baron Saharoni
  • Sekretaris : Debby R Wahyuni
  • Bendahara : Sri Dwi Tamami
  • Humas : Yuliani Casper
  • Kominfo : Andria Gutama
  • Devisi Seni :Rima Respati Fitria
  • Devisi Sosial :Muhammad Albar
  • Devisi Budaya : Lisa Arnila
  • Devisi Wirausaha : Aries Toteles

Sumber Dana Kegiatan

Sumber dana kegiatan Bengkel Sabda kebanyakan dari sumbangan yang digalakkan lewat sosial media dan website. Selain itu juga dari iuran anggota Bengkel Sabda itu sendiri.

Kegiatan Bengkel Sabda

Berikut ini beberapa kegiatan dan karya yang telah dilakukan Bengkel Sabda dari tahun 2011 hingga detik ini.

1. Telah Menerbitkan Buku Separasi Doa 1,2 dan 3

Buku Separasi edisi1,2 dan 3 adalah buku kalaborasi karya Anggota Bengkel Sabda (BS) yang berisi cerpen, puisi dan sajak. Adapun buku separasi doa ini adalah bagian dari program media dan budaya Bengkel Sabda.

2. Bakti Sosial (Baksos)

Ada banyak kegiatan baksos yang telah direalisasikan oleh Bengkel Sabda, berikut beberapa foto-foto kegiatan Baksos yang telah saya rangkum.

 Pembuatan Taman Bacaan di Panti Asuhan Yaa Bunayya Batam

Baksos di Pulau Seraya, Pendirian Taman Bacaan TPQ

Adapun baksos selama ini yang dilakasanakan Bengkel Sabda adalah Baksos Pendirian Taman Bacaan, Tour Sembako, penyerahan donasi bagi yang membutuhkan, Penyerahan Sembako dan pakaian layak pakai ke panti-panti asuhan, Pemberian Paket sholat ke masjid-masjid (Mukena, Al-Qur’an dan sejadah). Lain sebagainya.  Berikut adalah dokumentasi beberapa baksos diatas.

Penyerahan Bantuan Untuk Adik Wahyu

Silaturrahmi ke Panti Asuhan Yaa Bunayya Batam

Baksos Penyerahan Sembako di Panti Jompo Batam

Baksos Rempang Gate

Buka Puasa Bersama Dengan Anak Panti Asuhan

Baksos di Pulau Air Mas

Tour Sembako Keliling Batam Kepada Orang Yang Membutuhkan

Alhamdulillah Hari ini saya mewakili Bengkel Sabda telah ikut mengantarkan Ibu suprihatin Ke Bandara Hang Nadim Batam. Utk melakukan perjalanan ke Surabaya.
Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan dari dokter di RSBK, Penyakit yg di derita ibu SUprihatin adalah tumor , yang mana tumor tsb sudah menjalar ke paru2 dan Jantung. Oleh karena itu , pihak RSBK menyarankan agar segera di rujuk ke RS yg di Surabaya, di karenakan RS yg ada di batam tidak mempunyai alat utk melakukan operasi tsb.
Setelah berdiskusi dengan team yg lainnya akhirya kita memutuskan agar ibu suprihatin segera di pulangkan saja. dan pada hari ini kami memberikan mandat kepada mbk IIs dari Surabaya Comunity utk mengantar Ibu suprihatin sampe ke Surabaya dan membantu pengurusan ke RS yg ada disana.
Ucapan terima kasih yg sebesar2nya kepada Sahabat Bengkel Sabda karena telah membantu meringankan beban ibu suprihatin selama di Batam, Hal senada juga di sampaikan oleh mas budi ( Anak dari Ibu suprihatin ). Mohon doanya agar di beri kemudahan dan jalan yg terbaik utk ibunda suprihatin.

Donasi yg telah terkumpul dan telah kita berikan ke ibu suprihatin lewat mas Budi ( Anakanya ) sebesar Rp 4.900.000

Pemasangan Papan Nama Masjid Pulau Ghara

Bengkel Sabda Juga Turut Hadir di Hope For Life Batam (Gabungan Komunitas di Batam dalam aksi Sosial )

3. Bedah Buku

Bedah Buku Balitapun Hafal Al-Qur'an

4. Kegiatan Mingguan

Kegiatan Mingguan, KISS (Kajian Islam Seminggu Sekali) di Masjid Jabal Arafah Batam

5. Kegiatan Seni dan Anniversary Bengkel Sabda

Kegiatan Seni Bengkel Sabda

Kegiatan Tahunan

Jambore Anak Yatim Sekota Batam

Kebersamaan

Nonton Bareng

 

Pulau Pari

Bengkel Sabda Di Berbagai Media Cetak

Bengkel sabda dengan berbagai kegiatannya menjadi salah satu magnet bagi media, berikut ini adalah beberapa liputan media baik sekala lokal maupun nasional.

Berbagai kegiatan Bengkel Sabda beberapa diliput oleh Berbagai Media, Baik itu Regional maupun Nasiona. Berikut beberapa hasil liputan Kegiatan di Bengkel Sabda di berbagai media.

Bengkel Sabda On Air di Radio

Bengkel Sabda di TV

  1. TV One
  2. RCTI

Bengkel Sabda juga pernah diliput kegiatannya di TV Nasional yaitu TV One.

Bergabung

Ingin bergabung bersama Komunitas Bengkel Sabda :

Contact

  • Arreza MP : 0812 1099 9347
  • Baron Sahani: 0856 6572 072
  • Cwie Thama : 0812 6662 9806
  • Rhima Thama : 0812 6629 9806
  • Muhammad Albar : 0812 778 13940

Itulah selayang pandang tentang Bengkel Sabda (BS) semoga bisa menginspirasi anda untuk terus bekarya, khususnya anak-anak muda masa kini. Salam Sosial. editor (AR)

Komentar Lewat Facebook

Komentar

Scroll Up