Settia
KONTAK KAMIAds, Jasa Desain Web, Gambar, Job & Placement .

Berikut Tips Penting Saat Hari Raya Idul Fitri

Tips Penting Saat Idul Fitri | Idul fitri akan datang sebentar lagi, alangkah baiknya jika kita mulai mempersiapkan segala hal untuk momen hari raya tersebut, tata cara sholat idul fitri juga harus diketahui. Bagi Anda semua yang ingin tahu lebih tentang tips tepat menyambut momen hari raya idul fitri, Anda dapat langsung saja menyimak info di bawah ini. Pastinya kita semua lebih baik mengetahui hal pokok pada saat momen hari lebaran ini. Hal tersebut dikarenakan supaya kita bisa dimudahkan jika ingin merayakan momen hari lebaran idul fitri dengan lancar. Salah satu tips tepat menyambut momen hari raya idul fitri yaitu dengan mengetahui sunnah dan tata cara ibadah sholat idul fitri.

 

Sebelum berangkat ibadah sholat idul fitri, terdapat beberapa sunnah yang lebih baik Anda laksanakan. Salah satunya yaitu dengan melaksanakan mandi atau bersih-bersih badan sebelum Anda berangkat ke lokasi tempat ibadah sholat idul fitri. Selain itu, sunnah lainnya yaitu dengan makan dan juga minum sebelum Anda berangkat beribadah sholat idul fitri. Anda juga disunnahkan untuk mengenakan pakaian Anda yang terbaik tetapi tak perlu baru atau mahal.

Sunnah ibadah sholat idul fitri lainnya yaitu menggunakan parfum atau wangi-wangian, tentunya yang tidak terkandung alkohol. Ada lagi sunnah lain pada saat ibadah sholat idul fitri yaitu dengan menempuh jarak berbeda saat Anda berangkat dan saat pulang setelah ibadah sholat idul fitri hari raya. Itu beberapa sunnah pada saat hendak melaksanakan ibadah sholat idul fitri, sementara untuk pelaksanaan ibadah shalat idul fitri itu sendiri, berikut ini tata caranya beribadah sholat idul fitri.

BACA JUGA :  Marhaban ya Ramadhan & Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H

Pertama-tama yaitu dengan membaca niat ibadah sholat idul fitri yaitu Usholli sunnatan li iidil fitri rakataini lillahi ta’ala yang berarti bahwa saya niat mengerjakan shalat idul fitri sebanyak 2 rakaat karena Allah Ta’ala. Lalu ibadah sholat idul fitri ini dilakukan dengan berjamaah dan juga pelaksanaan ibadah sholat idul fitri tersebut tidak didahului adzan ataupun iqomah. Disamping itu, sholat idul fitri ini dilaksanakan sebelum penyampaian khutbah oleh khatib. Lalu pelaksanaan ibadah sholat idul fitri tersebut adalah sebanyak 2 rakaat sesuai dengan niat sebelumnya.

Ada 12 takbir, 7 takbir saat rakat pertama seusai takbiratul ikhram, yaitu sebelum membacakan surat/ ayat. Lalu 5 kali saat rakaat kedua, yaitu sebelum membaca surat/ ayat juga. Ketika membaca takbir, di sela-selanya membaca Subhanallah walhamdu lillahi wa la ilaaha illalaah wallahu akbar. Lalu bacaan surat yang dianjurkan saat rakaat pertama yaitu Surat Al A’la serta Al Ghasiyah pada Rakaat kedua.

Kalau idul fitri jatuh di hari jumat, maka bisa boleh ataupun tidak dilaksanakan ibadah shalat jumat setelah idul fitri. Sekian saja ulasan hal pokok pada saat momen hari lebaran kali ini yang lebih baik diketahuii oleh Anda semua khususnya untuk mereka yang ingin merayakan momen hari lebaran idul fitri dengan lancar. Dengan bahasan di atas, maka Anda bisa semakin mengerti tips tepat menyambut momen hari raya idul fitri. Sampai sekarang masih ada beberapa orang yang tidak tahu jelas apa saja hal pokok pada saat momen hari lebaran. Dengan artikel sederhana kali ini, semoga Anda dapat lebih paham mengenai tips tepat menyambut momen hari raya idul fitri. Selamat mencoba hal pokok pada saat momen hari lebaran. Dengan momen lebaran yang lancar, tentunya akan menyenangkan bagi setiap anggota keluarga.

BACA JUGA :  Inilah Beberapa Tips Simple Untuk Merawat Kulkas

Share Artikel Ini :
Scroll Up