Conten Placement Content Placement, Review, Advertiser.Contact Here.

Usaha Di Bidang Internet Marketing Kenapa Tidak

Jika ada berpikir untuk memulai usaha, lalu kenapa tidak memilih usaha dibidang internet marketing (bisnis online) karena kita ketahui bahwa mulai tahun 2014 sampai tahun 2016 dan mungkin tahun-tahun yang akan datang peluang dibidang internet akan terus booming. Ya, Usaha Di Bidang Internet Marketing Kenapa Tidak ?, berani mencoba, atau perlu sedikit pertimbangan, jika ia. Berikut beberapa pertimbangan dari saya yang bisa menguatkan niat anda.

Seperti Apa Internet Marketing Itu ?

Seperti apa itu internet marketing

Mari kita mengenal definisi Internet Marketing. Ada beberapa definisi Internet Marketing menurut para ahli. Internet Marketing adalah proses membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui aktifitas secara online untuk memfasilitasi pertukaran ide-ide, produk, dan layanan yang dapat memuaskan tujuan dari kedua belah pihak (Mohammed, Fisher, & Jaworski, 2003, pp ).

Sementara Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

Selain itu menutut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).

Sementara saya pribadi mempunyai kesimpulan tersendiri apa itu Internet Marketing ?. Menurut saya ” Internet Marketing adalah sebuah usaha yang dilakukan di Internet untuk mendapatkan uang, baik itu dengan menjual produk, jasa, atau ide, dan berbagai hal lainnya yang bisa mendatangkan sumber pendapatan “. (albarnation.com)

1. Peluang Usaha Begitu Besar

Peluang usaha dibidang internet Marketing

Pernahkah anda berpikir bahwa peluang dibidang internet marketing begitu besar, jika ia itu bukanlah sebuah pemikiran yang tanpa data. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang dikutip dari (kemenfo.go.id) menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-6 di dunia.

Selain itu ada survei dari eMarketer yang menyatakan bahwa ” Pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban ” eMarketer juga menyatakan Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan.

Bagaimana, ini adalah data pengguna internet, tentunya semakin hari semakin bertambah pula pengguna internet tentunya,  ini adalah ladang basah bagi technopreneurship untuk bisa mengembangkan usaha dibidang internet khususnya dibidang internet marketing. Katakan, Usaha Di Bidang Internet Marketing Kenapa Tidak

2. Biaya Murah Dan Mudah

 

Untuk membangun dunia Internet Marketing tidak banyak biaya yang harus kita lakukan, anda bisa memulai lewat sosial media, seperti Facebook dengan Fanspagenya atau membuat akun Store tersendiri, selain itu ada Instagram yang banyak digunakan saat ini bagi pembisnis untuk menjajakan dagangannya. Bisa juga lewat Blog (Blogger, WordPress, dan flatform lainnya) atau bisa via Whatsapp, BBM dan Line. Dari semua itu bisa anda gunakan tergantung peruntukannya apa, dan mana yang lebih efektif menurut anda.

Biayanya murah bukan, ya murah. Jika anda menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran maka anda cukup membeli koato internet saja, dan anda bisa mempromosikan kapan saja lewat gatget anda. Selain itu jika Internet Marketing anda adalah di bidang Ide atau tulisan, anda bisa membangunnya lewat Blog, cukup dengan membuat blog saja anda sudah mempunyai halaman yang bisa menjadi sarana anda menulis dan berbagi yang nantinya bisa sebagai mesin uang anda. Jika ingin terlihat profesional cukup older domain hanya 135 ribu sebulan dan blog anda terlihat profesional. Mau lebih elegan gunakan CMS yang hanya butuh sekitar 200 ribu saja untuk pembuatan awal websitenya. Bagaimana mudah bukan ?.

3. Tanpa Harus Punya Tempat Dimanapun Anda Bisa Melakukannya

Pesaing

Inilah kehebatan Bisnis Online, anda tidak diharuskan punya tempat usaha secara fisik, cukup membangunnya lewat gatget anda secara online, tanpa terkekang dunia offline. Anda bisa melakukan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja tanpa batas waktu selama anda mampu dan tentunya selama anda terkoneksi dengan jaringan internet. Tapi tidak juga anda bisa melakukan transaksi via SMS bukan ?. Wah semuanya hanya tergantung niat dan kemauan saja.

4. Pesaing Hanyalah Dunia Virtual

Pesaing internet marketing

Ya, jika berbicara tentang bisnis, maka kita harus tau juga siapa pesaing kita, lalu bagaimana dengan Internet Marketing. Pesaing kita hanya sebatas dunia maya, tanpa cekcok fisik tentunya. Untuk bisa mengalahkan pesaing kita hanya perlu belajar bagaimana optimasi (SEO) dan promosi yang lebih giat lagi. Agar usaha di bidang online kita sesuai dengan harapan.

Kesemua point diatas bisa menjadi pertimbangan anda, lalu yang harus anda lakukan adalah membangun niat, juga pasion, Internet Marketing dibidang apa yang sesuai dengan keinginan anda dan harapan anda, kemudian bagaimana goalnya serta jangan implementasi adalah yang terpenting. Selain itu ada doa dan ikhtiar yang menjadi dasar sebuah peluang dan kinerja anda bisa berhasil. Lalu bagaimana, bagi saya Usaha Di Bidang Internet Marketing Kenapa Tidak ?.

Bagikan Artikel Ini !

Scroll Up