CONTACTJasa Desain Web & Gambar, Penulisan & Review .

Waspada Pinjaman KTA dengan Bunga Ringan ? Cek Dulu Fakta Bunga Pinjaman Berikut agar Tidak Bingung

Waspada Pinjaman KTA dengan Bunga Ringan ? Cek Dulu Fakta Bunga Pinjaman Berikut agar Tidak Bingung | Memilih Kredit Tanpa Agunan bisa jadi saat ini menjadi salah satu solusi dalam  mengatasi masalah keuangan. Mulai dari proses pencairan yang cepat, persyaratan yang mudah serta tak perlu mengagunkan asset yang dimiliki merupakan sederet kelebihan dari Kredit Tanpa Agunan (KTA) Online yang sering kali menjadi pertimbangan calon nasabah untuk mengambil produk perbankan satu ini.

Sedangkan untuk alokasi dananya sendiri bebas Kita atur, baik untuk keperluan tambah modal usaha, maupun alokasi untuk belanja barang barang yang sifatnya konsumtif. Hal ini semakin membuka pangsa pasar KTA lantaran topografi masyarakat di Indonesia yang cenderung konsumtif dan sering kali memiliki gaya hidup yang tak sesuai dengan pendapatan. Ujung ujungnya mengajukan pinjaman hanya untuk memenuhi nafsu belanja.

Selain dilihat dari sisi topografi masyarakat, hal ini juga di imbangi dengan gencarnya iklan Kredit Tanpa Agunan yang hampir dimiliki setiap bank baik swasta maupun BUMN. Tak tanggung tanggung, bahkan beberapa bank pun telah memiliki sistem yang memberikan kemudahan bagi calon nasabahnya untuk mengajukan KTA, yakni via online. Anda tak harus mendatangi bank terkait untuk mengajukan pinjaman, cukup bermodalkan internet dan Anda bisa mengajukan pinjaman.

Mau Pinjaman Uang Kilat Nggak Pakai Lama? Di Indodana Saja

Namun bank konvensional dengan sistem pengajuan pinjaman online ini masih memiliki kekurangan, meskipun pengajuannya bisa melalui sistem online, beberapa bank masih mewajibkan calon nasabahnya datang untuk membubuhkan tanda tangan basah. Berbeda dengan jenis pinjaman online yang disediakan oleh perusahaan Financial Technology atau yang biasa disebut Fintech, Anda tak perlu mendatangi kantor Fintech untuk mengajukan pinjaman, Anda cukup mengajukan melalui aplikasi dan tanda tangan pun bisa menggunakan sistem di dalam apliaksi tersebut. Mudahnya lagi pencairan dana dapat diproses di hari yang sama. Mudah bukan?

Untuk jenis pinjaman KTA ini sebenarnya masuk dalam jenis pinjaman Unsecured Debt alias utang yang tidak memiliki jaminan. Oleh karenanya pihak bank berada pada posisi yang cukup rentan dan sangat beresiko dalam memberikan pinjaman  lantaran tidak memegang asset sebagai jaminan apabila terjadi kredit macet. Jika masalah ini berlangsung lama dan terjadi hampir disemua nasabahnya, tentu pihak bank akan menelan kerugian yang besar.

BACA JUGA :  Mau Pinjaman Uang Kilat Nggak Pakai Lama? Di Indodana Saja

Lantas kenapa pihak bank masih gencar menawarkan KTA? Mari kita perhatikan, dalam konsep investasi, berlaku konsep resiko selalu sebanding dengan prosek keuntungan. Hal ini lah yang dipegang oleh pihak bank, mereka lebih baik menanggung resiko namun bisa mengambil keuntungan yang besar. Oleh karenanya hampir semua jenis pinjaman Kredit Tanpa Agunan ini memiliki interest atau bunga yang cukup besar.

Seperti yang sering Kita bahas, dalam sistem Kredit Tanpa Agunan, pihak bank akan mereduksi resiko dengan menerapkan suku bunga yang tinggi. Namun, meskipun memberikan bunga pinjaman yang tinggi, jenis produk perbankan satu ini tak pernah sepi peminat. Hal ini dikarenakan sistem KTA yang menawarkan kemuddahan dalam mengajukan, dan prosesnya yang tidak berbelit belit. Selain itu, Anda juga bebas memilih jangka waktu cicilan yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Beberapa orang juga beranggapan produk bank satu ini memberikan suku bunga yang flat. Disini lah Kita akan meluruskan, sistem bunga yang flat adalah sistem bunga pinjaman yang ditarik dari total pinjaman yang Anda bayarkan atau istilahnya pokok pinjaman yang Anda bayarkan. Misal, Anda mengajukan pinjaman KTA dengan bunga kredit yang ditawarkan sebesar 1,6% hingga 2%. Perhitungan prosesntase bunga dihitung dari total dana yang Anda pinjam dan berjalan selama masa cicilan.

Perhitungannya juga cukup besar, berbeda dengan pinjaman yang lain. Suku bunga yang Anda bayarkan sebesar 1,6% hingga 2% tersebut harus Anda bayar selama Anda melakukan cicilan sekalipun sisa cicilan Anda tinggal beberapa bulan lagi. Hal ini dikarenakan sistem bunga flat tadi yang mewajibkan Anda harus membayar bunga dari awal cicilan hingga cicilan berakhir dengan nilai yang sama, bukan dari sisa cicilan yang belum Anda bayarkan.

Nah, demikian lah hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih pinjaman KTA. Perhitungkan jenis jenis bunga pinjaman, sehingga Anda tak akan terbebani di masa yang akan datang. Semoga berguna!

Share Artikel Ini :
Scroll Up